Pengungsi Rohingya di Bangladesh. (Foto: AFP)
Pengungsi Rohingya di Bangladesh. (Foto: AFP)

Bangladesh Pindahkan Rohingya ke Pulau Rawan Banjir

Internasional konflik myanmar bangladesh pengungsi rohingya
Sonya Michaella • 21 Oktober 2019 09:57
Dhaka: Seorang pejabat pemerintahan Bangladesh menyebut ribuan pengungsi Rohingya telah menyetujui pemindahan dari kamp penampungan Cox's Bazar ke pulau di Teluk Benggala. Namun, pulau tersebut rawan banjir.
 
Pulau ini berjarak sekitar satu jam dengan menumpangi kapal dari kamp pengungsian Cox's Bazar.
 
"Sekitar 7.000 pengungsi telah menyatakan keinginan mereka untuk dipindahkan ke Pulau Bhashan Char," kata pejabat tersebut, dikutip dari AFP, Senin 21 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia tidak mengatakan kapan pemindahan pengungsi akan dilaksanakan, tetapi seorang perwira senior Angkatan Laut Bangladesh yang terlibat dalam pembangunan fasilitas pulau mengatakan, relokasi bisa dimulai pada Desember.
 
"Sekitar 500 pengungsi bisa dipindahkan setiap hari ke Bhashan Char. Kami juga masih terus membangun fasilitas memadai di sana," ungkapnya.
 
Para perwakilan pengungsi Rohingya di Cox's Bazar dan Kutupalong juga diajak oleh Pemerintah Bangladesh untuk mengunjungi Bhashan Char dan melihat fasilitas di sana.
 
Sementara itu, sebagian warga Pulau Hatiya, pulau yang dekat dengan Bhashan Char menyebut pulau tersebut tidak layak huni. Pasalnya, sebagian pulau terkikis oleh air hujan setiap tahunnya.
 
Dalam setengah abad terakhir, badai topan juga menewaskan ratusan ribu orang di muara Sungai Meghna, di mana pulau itu berada.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif