Kaisar Jepang Naruhito resmi dinobatkan pada 22 Oktober 2019. Foto: AFP
Kaisar Jepang Naruhito resmi dinobatkan pada 22 Oktober 2019. Foto: AFP

Mengenal Kaisar Baru Jepang

Internasional kaisar jepang
Arpan Rahman • 22 Oktober 2019 20:11
Tokyo: Pangeran Charles, Presiden Filipina Rodrigo Duterte, mantan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy, dan pemimpin Brazil Jair Bolsonaro serta Wakil Presiden Ma’ruf Amein semuanya berada di Tokyo pekan ini. Para tokoh dan bangsawan asing dari seluruh dunia berduyun-duyun ke Jepang untuk menyaksikan Kaisar Naruhito secara resmi menyatakan pengangkatannya pada Selasa.
 
Mantan Putra Mahkota mengambil alih peran itu pada 1 Mei, sehari setelah ayahnya, Kaisar Emeritus Akihito yang berusia 85 tahun, turun takhta dengan alasan kesehatan. Raja-raja Jepang diperkirakan bertugas sampai mati, tetapi parlemen mengesahkan undang-undang khusus untuk memungkinkan Akihito mundur. Dia adalah kaisar pertama yang mundur dalam lebih dari 200 tahun.
 
Meskipun Kaisar Naruhito telah bertindak sebagai kaisar selama hampir enam bulan, kenaikannya tidak resmi sampai ia menyelesaikan serangkaian ritual, termasuk upacara penobatan tradisional pada Selasa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Inilah yang perlu diketahui tentang perayaan pekan ini.


Penobatan


Acara utama diadakan di Istana Kekaisaran Tokyo pada Selasa ketika Kaisar akan naik takhta Takamikura, yang tingginya lebih dari 6 meter. Dibalut jubah oranye gelap, dikenakan oleh kaisar hanya pada acara-acara khusus, Naruhito akan menyatakan penobatannya dalam pidato singkat, menurut Japan Times. Permaisuri Masako, istrinya, akan duduk di takhta yang berdekatan.
 
Regalia penting kekaisaran, seperti pedang kuno dan permata akan dibawa ke upacara. Setelah pidato Kaisar, Perdana Menteri Shinzo Abe memberi ucapan selamat, dan memimpin tamu dalam tiga sorakan umur panjang bagi kaisar baru.
 
“Sekitar 2.000 orang diperkirakan bergabung dalam upacara tersebut. Para tamu termasuk Raja Philippe dari Belgia, Raja Felipe VI dan Ratu Letizia dari Spanyol, dan Wakil Presiden Tiongkok Wang Qishan turut hadir,” lapor the Japan Times.
 
Parade kerajaan -- di mana Kaisar dan Permaisuri akan berkendara di jalan-jalan Tokyo dengan mobil atap terbuka -- telah ditunda hingga November karena Topan Hagibis, yang melanda Jepang bulan ini. Lebih dari 70 orang tewas oleh badai dan akibatnya, menurut media.
 
Pemerintah mengumumkan pada Jumat bahwa lebih dari setengah juta penjahat kecil akan diampuni untuk menghormati penobatan. Kementerian Kehakiman mengatakan pengampunan diberikan karena kesempatan itu menandai "kesempatan bagi warga negara Jepang untuk membersihkan semangat mereka dan memulai yang baru," lapor Times.
 
Selasa ini adalah hari libur nasional di Jepang.
 
Siapa kaisar baru?
 
Kotaishi Naruhito Shinno lahir 23 Februari 1960. Dia adalah putra tertua dari mantan Kaisar Akihito. Kaisar Naruhito tumbuh di Istana Kekaisaran Tokyo bersama saudara dan orangtuanya.
 
Dia adalah anggota kerajaan Jepang pertama yang belajar di luar negeri. Setelah mendapatkan gelar sejarah di Universitas Gakushuin, di mana ia menulis tesis tentang transportasi air abad pertengahan, ia menghabiskan dua tahun di Merton College, Oxford. Buku yang ditulisnya sewaktu di sana, The Thames and I: A Memoir of Two Years di Oxford, diterbitkan kembali dalam bahasa Inggris tahun ini.
 
Hobi Pangeran Naruhito meliputi pendakian gunung, jogging, tenis, ski, dan bermain biola, menurut Associated Press.


Apa peran yang dimainkan Kaisar Jepang?


Jepang diyakini memiliki monarki tertua di dunia.
 
Secara historis, kaisar dipandang sebagai makhluk yang hampir ilahi, diyakini diturunkan dari dewa Shinto Amaterasu, tetapi peran kaisar menjadi sangat simbolis setelah Perang Dunia II. Konstitusi negara pascaperang, yang dirancang Amerika Serikat, melucuti Kaisar Jepang dari kekuasaan politik nyata dan mendefinisikan kembali perannya sebagai "simbol negara dan persatuan rakyat."
 
Saat ini, Kaisar Jepang telah menjadi tokoh seremonial dan pemersatu, mirip dengan ratu atau raja di Inggris, Norwegia, dan Spanyol.
 
Kaisar adalah simbol penting bagi orang Jepang. "Kaisar adalah sarana yang digunakan Jepang untuk menentukan identitas nasional, apa artinya menjadi orang Jepang," Ken Ruoff, profesor sejarah dan direktur Pusat Studi Jepang di Portland State University mengatakan kepada TIME.
 
"Setiap kaisar membubuhkan cap pada pemerintahan khususnya, dan Naruhito akan melakukannya," Ruoff berkata, dikutip dari TIME, Selasa 22 Oktober 2019.


Urusan keluarga


Istri Naruhito adalah mantan diplomat yang berpendidikan Harvard dan Oxford bernama Masako Owada. Permaisuri Masako diharapkan ambil bagian dalam upacara Selasa.
 
Pasangan itu menikah pada 1993, dan Permaisuri dilaporkan telah berkutat untuk menyesuaikan diri dengan tekanan kehidupan kerajaan dan berjuang melawan penyakit terkait stres, menurut media.
 
Naruhito sering maju untuk membela istrinya. "Dia sangat protektif terhadap istrinya yang telah bertahan dari santapan media karena masalah kesehatannya," Jeffrey Kingston, direktur studi Asia di Temple University Jepang, mengatakan kepada TIME.
 
Pada 2004, Kaisar mengejutkan negara ketika dia secara terbuka mengkritik Badan Rumah Tangga Kekaisaran, lembaga pemerintah yang bertanggung jawab untuk mengelola kehidupan bangsawan, karena peran mereka dalam masalah kesehatan istrinya. Putri yang saat itu "telah bekerja keras untuk beradaptasi dengan lingkungan Rumah Tangga Kekaisaran selama 10 tahun terakhir, tetapi dari apa yang bisa saya lihat, saya pikir dia telah benar-benar lelah untuk melakukannya," kata Naruhito, menurut Japan Times.
 
Pasangan ini memiliki satu anak perempuan, Putri Aiko yang berusia 17 tahun. Meskipun ada banyak perdebatan tentang mengubah undang-undang suksesi negara, saat ini hanya laki-laki di keluarga kekaisaran Jepang yang dapat naik takhta. Adik Kaisar Naruhito, Pangeran Akishino, berada di urutan berikutnya, dan pangeran muda Akishino berada di urutan kedua untuk mewarisi takhta.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif