Demonstrasi di Hong Kong. (Foto: AFP)
Demonstrasi di Hong Kong. (Foto: AFP)

Taiwan Larang Warganya Kunjungi Hong Kong

Internasional hong kong Protes Hong Kong
Sonya Michaella • 13 September 2019 14:17
Taipei: Taiwan mengeluarkan imbauan perjalanan bagi warganya untuk tidak mengunjungi Hong Kong sementara waktu. Taiwan menyebut, situasi Hong Kong cukup parah.
 
Imbauan ini dikeluarkan usai seorang pengusaha Taiwan bernama Lee Meng-chu ditahan saat mengunjungi Hong Kong di mana ia menyeberangi perbatasan Hong Kong menuju Shenzen pada 19 Agustus lalu.
 
Dia dilaporkan hilang oleh temannya Chen Ya-lin di mana ia menunggu Lee di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, dua hari kemudian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Situasi di Hong Kong dan Tiongkok daratan sangat parah. Warga Taiwan diimbau untuk tidak mengunjungi kawasan itu dalam waktu dekat," kata Juru Bicara Partai Progresif Demokratik (DPP) Hsueh Cheng-yi, dikutip dari CNN, Jumat 13 September 2019.
 
Sementara itu, Lee dilaporkan diinterogasi oleh aparat perbatasan karena diduga melakukan kegiatan kriminal yang membahayakan keamanan Tiongkok.
 
Menurut laporan, Lee merupakan Direktur Asosiasi PBB untuk Kemajuan Taiwan, sebuah organisasi yang mengadvokasi Taiwan untuk masuk ke PBB.
 
Namun, menurut temannya, Lee bukan aktivis yang vokal menyerukan kemerdekaan Taiwan dari Tiongkok dan beberapa kali sempat mengunjungi Tiongkok untuk urusan bisnis.
 
Sebagai wilayah yang sama-sama ingin memisahkan diri dari Tiongkok, Taiwan terdengar paling vokal dalam perjuangannya menegakkan demokrasi.
 
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen juga menyatakan dukungannya terhadap pedemo Hong Kong dan sempat menawarkan suaka bagi warga Hong Kong yang tidak ingin diatur oleh hukum Tiongkok.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif