Menlu Siapkan Poros Indo-Pasifik untuk Diplomasi
Menlu Retno Marsudi tegaskan konsep Indo-Pasifik sebagai diplomasi Indonesia. (Foto: Ahmad Mustaqim/Medcom.id).
Sleman: Menteri Luar Negeri Retno Lestari Marsudi menyiapkan poros Indo-Pasifik untuk diplomasi. Poros tersebut nantinya akan dibawa ke tingkat ASEAN.
 
Menteri Retno mengatakan, konsep poros itu inisiatif Pemerintah Indonesia. Nantinya, konsep tersebut perlu dibahas dengan negara lain.
 
"(Poros Indo-Pasifik) itu dalam proses (menuju ASEAN). Karena itu inisiatif kita, kita perlu bicara dengan mitra negara di tingkat ASEAN. Ini sedang kita bicarakan terus," ucap Menlu Retno Marsudi, di Gedung Pusat Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Jumat, 26 Oktober 2018.
 
Ia belum bisa memastikan poros itu bisa sampai ke ASEAN. Menurut dia, hal itu bergantung pada hasil diskusi yang dilakukan dengan negara lain.
 
"Ini semua tergantung dari diskusi yang kita lakukan. Kita punya inisiatif dan ini konsep baru," ujarnya.
 
Lantaran konsep masih baru, Retno melanjutkan, pembicaraan akan dilakukan tak hanya dengan negara di ASEAN. Ia menyatakan akan membahasnya dengan negara lain, seperti Tiongkok, Amerika Serikat dan Australia.
 
Ia menegaskan pihaknya pembicaraan itu semuanya sedang pemerintah Indonesia lakukan. Dia meyakini, negara lain pasti memiliki konsep sendiri dalam pembicaraan.
 
"Amerika punya konsep. Australia punya konsep. Jepang punya konsep. Kita coba lihat di mana persamaan konsep itu. Kita galang untuk kerja sama dalam konsep tersebut," tuturnya.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id