Menteri Inggris untuk Asia Pasifik Heather Wheeler menanam pohon jeruk di halaman Kedubes Inggris di Jakarta, Rabu 15 Januari 2020. (Foto: Medcom.id/Willy Haryono)
Menteri Inggris untuk Asia Pasifik Heather Wheeler menanam pohon jeruk di halaman Kedubes Inggris di Jakarta, Rabu 15 Januari 2020. (Foto: Medcom.id/Willy Haryono)

Resmikan Misi ASEAN, Menteri Inggris Tanam Jeruk Bali

Internasional indonesia-inggris
Willy Haryono • 15 Januari 2020 09:57
Jakarta: Misi Inggris untuk ASEAN resmi dibuka hari ini, Rabu 15 Januari 2020. Peresmian dilakukan Menteri Inggris untuk Asia Pasifik Heather Wheeler di Kedutaan Besar Inggris di Jakarta.
 
Sebagai penanda dibukanya Misi Inggris untuk ASEAN, Menteri Wheeler melakukan penanaman pohon Jeruk Bali di halaman Kedubes.
 
"Hubungan Inggris dan ASEAN sangatlah penting. Untuk itulah saya merasa sangat senang dan terhormat dapat membuka misi ini," ucap Menteri Wheeler di hadapan awak media di Kedubes Inggris.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemitraan Inggris dengan ASEAN meliputi bidang keamanan politik, ekonomi dan sosial budaya. Menteri Wheeler mengatakan, pembukaan misi merupakan bukti komitmen Inggris terhadap penguatan hubungan di kawasan ASEAN.
 
"Kami berharap dapat memainkan peran dalam memperkuat kolaborasi multilateral di kawasan ini," sebut Menteri Wheeler.
 
Masih mengenai ASEAN, Menteri Wheeler menekankan bahwa Inggris akan lebih banyak terlibat dengan negara-negara anggota ASEAN, tentunya termasuk Indonesia. "Kami berharap bisa menghadiri banyak pertemuan di forum ASEAN.
 
Khusus untuk Indonesia, Menteri Wheeler menyebut RI sebagai salah satu negara paling menarik di salah satu kawasan dengan perkembangan tercepat di dunia. Ia menilai Inggris dan Indonesia berbagi banyak nilai dan kepentingan. "Sebagai negara demokrasi, Inggris dan Indonesia adalah negara kepulauan dengan masyarakat multi-agama," sebut Menteri Wheeler.
 
Selasa kemarin, Menteri Wheeler telah bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar. Dalam pertemuan itu, Wamenlu menyebut Inggris menjadi prioritas penting bagi penguatan diplomasi ekonomi Indonesia di kawasan Eropa.
 
Kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerja sama ekonomi di bidang-bidang potensial seperti perdagangan dan investasi, industri kreatif termasuk teknologi digital di sektor keuangan (Fintech), energi terbarukan, pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia, maritim, dan lain-lain.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif