Resepsi Japan Self-Defense Forces Day di Jakarta, Kamis, 11 Juli 2019. (Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom.id).
Resepsi Japan Self-Defense Forces Day di Jakarta, Kamis, 11 Juli 2019. (Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom.id).

Ciptakan Perdamaian, Jepang Perkuat Keamanan dengan RI

Internasional indonesia-jepang
Marcheilla Ariesta • 12 Juli 2019 09:40
Jakarta: Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii menyampaikan ingin memperkuat hubungan kerja sama di bidang pertahanan dengan Indonesia. Dia mengatakan langkah ini diambil untuk menambah peran dalam menciptakan perdamaian dunia.
 
"Kita harus meningkatkan peran penting perdamaian dan stabilitas di kawasan ini, dan juga secara global. Sehingga‎, perlu didukung oleh negara-negara, termasuk Indonesia," tutur Ishii, dalam resepsi Japan Self-Defense Forces Day di Jakarta, Kamis, 11 Juli 2019 malam.
 
Ishii menuturkan betapa dekatnya hubungan pasukan bela diri Jepang (SDF) dengan Indonesia. Salah satunya saat bencana alam melanda negeri pada 2018 lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Di saat Indonesia dilanda bencana, pasukan SDF bergerak mendistribusikan bantuan dan mengevaluasi warga asing," imbuhnya.
 
Ishii makin optimis hubungan kedua negara akan semakin solid. Terlebih saat ini usia hubungan keduanya menginjak 61 tahun.
 
Kerja sama pertahanan ini berlanjut dengan saling bertukar perwira terbaik. "Kita perlu menyatukan sumber daya kita. Perlu waktu untuk bergabung dengan kapal-kapal Jepang yang datang ke Indonesia," terangnya.
 
Ishii menambahkan bahwa hubungan Indonesia dan negaranya berasal dari hati ke hati. "Hubungan kami saling melengkapi satu sama lain, yang tentu saja saling menguntungkan. Hubungan ini dari hati ke hati," katanya.
 
Dalam kesempatan ini, hadir Brigadir Jenderal Dadang Ahmad yang merupakan Wakil Dekan Fakultas Teknologi Pertahanan Universitas Pertahanan. Dia mengatakan hubungan Indonesia dan Jepang dalam bidang pertahanan akan semakin baik lagi ke depannya.
 
‎Selain itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, para Atase Pertahanan dan Duta Besar negara-negara sahabat yang ada di Indonesia juga hadir dalam kesempatan ini.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif