Ilustrasi oleh Medcom.id.
Ilustrasi oleh Medcom.id.

17 Tewas dalam Serangan ISIS di Perbatasan Tajikistan

Internasional isis konflik tajikistan
Medcom • 06 November 2019 18:14
Dushanbe: Bentrokan terjadi di Ibu Kota Tajikistan saat perayaan Hari Konstitusional dan Presiden Emomali Rakhmon sedang berkunjung ke Swiss pada Rabu. Teroris Islamic State (ISIS) yang melintasi perbatasan dari Afghanistan terlibat bentrokan dengan pasukan keamanan yang menewaskan sedikitnya 17 orang.
 
"Semua (dari mereka) adalah anggota dari apa yang disebut kelompok teroris Islamic State,” kata penjaga perbatasan Afghanistan dalam sebuah pernyataan.
 
“Pasukan keamanan Tajik membunuh 15 penyerang ketika sekelompok kawanan bersenjata menyerang pos pemeriksaan di perbatasan dengan Uzbekistan. Seorang prajurit dan seorang polisi ditemukan tewas dalam bentrokan itu,” kata para petinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Menurut hasil penyelidikan oleh pasukan penegak hukum, 15 anggota kelompok kriminal bersenjata berhasil dinetralkan dan empat penyerang ditahan," ucap Kementerian Dalam Negeri.
 
Penjaga perbatasan negara mengatakan secara terpisah bahwa lima penyerang telah ditahan.
 
“Geng bersenjata yang berkisar 20 orang mengenakan topeng menyerang pos perbatasan Ishkobod yang terletak sekitar 50 kilometer di barat Tajikistan pada pukul tiga sore,” sebut pernyataan Kementerian Dalam Negeri Tajikistan, dirilis dari TRT World, Rabu, 6 November 2019.
 
Dia merilis foto-foto beberapa mayat yang tergeletak di sebelah kendaraan yang terbakar di tempat bentrokan itu.
 
Tajikistan, sebuah negara yang minim pegunungan dengan sembilan juta orang yang berbatasan dengan Afghanistan, dilanda konflik sejak negara itu merdeka setelah runtuhnya Uni Soviet pada 1991.
 
Puluhan ribu orang tewas di Tajikistan selama perang saudara lima tahun pada 1990-an ketika kelompok pedemo berupaya melawan pemerintah porak-poranda.
 
Pihak berwenang di negara mayoritas Muslim itu mengatakan bahwa lebih dari 1.000 orang Tajik bergabung dengan gerilyawan di Suriah dan Irak dalam beberapa tahun terakhir.
 
Pada bulan Mei, setidaknya 32 orang tewas dalam kerusuhan di Tajikistan, termasuk 19 anggota ISIS dan beberapa penjaga.
 
Penjara di Vakhdat, 17 kilometer timur ibu kota Dushanbe, menampung 1.500 narapidana. Pada Juli 2018, serangan terhadap turis bersepeda asing menyebabkan empat orang tewas dan dua lainnya cedera. Serangan itu selalu dikaitkan dengan kelompok teroris ISIS.
 

Penulis: Rifqi Akbar
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif