PM Thailand Prayuth Chan-ocha. (Foto: AFP)
PM Thailand Prayuth Chan-ocha. (Foto: AFP)

PM Thailand Tolak Oposisi Kamboja Mendarat

Internasional thailand kamboja
Sonya Michaella • 07 November 2019 10:47
Bangkok: Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha tidak mengizinkan kepala partai oposisi Kamboja, Cambodia National Rescue Party (CNRP) Sam Rainsy untuk masuk ke Phnom Penh melalui perbatasan Thailand.
 
"Menurut komitmen kami terhadap ASEAN, kami tidak akan saling mencampuri urusan dalam negeri masing-masing dan kami tidak akan mengizinkan orang anti-pemerintah menggunakan Thailand untuk aktifitas mereka," kata Prayuth, dikutip dari Radio Free Asia, Kamis 7 November 2019.
 
Sedianya Sam akan kembali dari pengasingan di Prancis ke Kamboja pada 9 November. Ia telah menulis surat kepada Prayuth agar diizinkan masuk ke Kamboja melalui Poipet, perbatasan Thailand-Kamboja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya sudah tegaskan ia tidak bisa masuk ke Bangkok," ucap Prayuth lagi.
 
Senada dengan Thailand, Laos juga tidak akan mengizinkan jalan bagi anggota oposisi, begitu juga dengan Vietnam.
 
Namun, Sam bertekad akan tetap terbang ke Bangkok dan harus tiba di Kamboja pada 9 November. Dia juga mengecam Perdana Menteri Hun Sen sebagai pengecut karena kerap melecehkan aktivis di Kamboja.
 
Sam melarikan diri dari Kamboja pada 2015 untuk menghindari serangkaian dakwaan dan hukuman yang bermotif politis. Ia melarikan diri ke Prancis.
 
Saat ini, pemerintah Hun Sen telah melakukan penjagaan ketat di perbatasan Kamboja untuk menghalau partai oposisi masuk dan kembali.
 
Kamboja juga melarang maskapai penerbangan komersial dari seluruh negara anggota ASEAN untuk mengangkut Sam kembali ke Kamboja serta mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk memastikan mereka tidak kembali.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif