Polisi membantu mengangkut logistik dalam pemilu Sri Lanka, Sabtu 16 November 2019. (Foto: AFP / Jewel SAMAD)
Polisi membantu mengangkut logistik dalam pemilu Sri Lanka, Sabtu 16 November 2019. (Foto: AFP / Jewel SAMAD)

Rajapaksa Bertekad Rebut Kejayaan via Pilpres Sri Lanka

Internasional sri lanka
Willy Haryono • 16 November 2019 11:29
Colombo: Warga Sri Lanka beramai-ramai memilih presiden baru dalam pemilihan umum, Sabtu 16 November 2019. Klan Rajapaksa bertekad merebut kembali kejayaan dalam pilpres kali ini.
 
Rajapaksa adalah sebuab klan yang diapresiasi atas perannya menghancurkan kelompok militan Tamil Tigers. Namun klan ini juga dikritik atas kejahatan perang dan korupsi.
 
Klan Rajapaksa diwakili oleh Gotabaya Rajapaksa, 70, yang menjadi calon presiden hampir lima tahun usai kakaknya, Mahinda Rajapaksa, kehilangan kekuasaan. Gotabaya menjanjikan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan keamanan, usai terjadinya serangan teroris di Sri Lanka pada April lalu yang menewaskan 269 orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari AFP, rival utama Gotabaya adalah Sajith Premadasa, 52, yang berasal dari Partai Nasional Bersatu (UNP). Ia adalah anak dari mantan presiden Ranasinghe Predamasa yang tewas dibunuh.
 
Sajith juga menjanjikan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan keamanan, serta program pembalut gratis bagi perempuan dari kalangan bawah.
 
Sekitar 85 ribu polisi disiagakan untuk memastikan pilpres Sri Lanka berjalan mulus. Namun sebuah serangan terjadi terhadap sebuah konvoi 100 bus yang membawa minoritas Muslim.
 
Dalam serangan itu sekelompok orang melempari bus dengan batu dan juga membakar ban di jalan raya sebagai barikade. Polisi telah membersihkan barikade tersebut.
 
Minoritas Tamil dan Muslim di Sri Lanka dipandang sebagai elemen yang dapat menentukan pemenang dalam pilpres Sri Lanka kali ini.
 
Pilpres Sri Lanka ini diikuti 35 kandidat, termasuk dua biksu Buddha dan seorang wanita. Total warga yang memiliki hak pilih dalam pemilu ini berkisar 16 juta.
 
Terdapat 12.600 tempat pemungutan suara yang tersebar di seantero Sri Lanka. Pemungutan suara akan ditutup pada pukul 11.30 waktu setempat.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif