Indonesia Serahkan Estafet Tuan Rumah OOC ke Norwegia
Menteri Perikanan Norwegia Harald Nesvik (kiri) menerima cenderamata dari Menteri Susi(tengah) dan Menteri Retno Marsudi (kanan) (Foto: ANTARA FOTO/Media OOC 2018/Irsan Mulyadi/nym)
Nusa Dua: Indonesia secara resmi menyerahkan tongkat estafet tuan rumah Our Ocean Conference (OOC) ke Norwegia. Penyerahan tuan rumah diberikan secara simbolis berupa miniatur kapal phinisi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kepada Menteri Kelautan Norwegia Harald Nesvik.

Sebagai mantan Duta Besar Indonesia untuk Norwegia, Menlu Retno meyakini negara tersebut mampu menjadi tuan rumah yang baik.

"Saya tahu Norwegia memiliki komitmen yang baik terhadap isu kelautan, perikanan dan lingkungan. Jadi saya rasa tuan rumah berada di tangan yang tepat," ujar Menlu Retno di Bali Nusa Dua Convention Center, Selasa 30 Oktober 2018.


Sepak terjang Menteri Retno dan Susi sudah menjadi sorotan sejak awal OOC 2018. Keduanya mengklaim sebagai "dua perempuan muda milenial."

"Kami berharap OOC ini bukan hanya untuk berjuang demi laut kita, tapi juga bisa untuk mendorong pemberdayaan wanita," ujar Menteri Retno kala itu.

OOC ini dinilai sebagai contoh konkret komitmen RI dalam menghadapi berbagai tantangan di dunia kelautan. Konferensi ini digelar agar semua pemain kunci global dapat berkontribusi terhadap masalah kelautan dengan berorientasi pada langkah-langkah konkret.

"Diharapkan OOC dapat terus berinovasi dan menghasilkan mekanisme peninjauan, agar dapat mengevaluasi perkembangannya (dari tahun ke tahun)," sebut Menlu Retno.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id