Aktivitas di sekitar Rumah Sakit Youan di Beijing, Tiongkok, 14 Februari 2020. (Foto: AFP/GREG BAKER)
Aktivitas di sekitar Rumah Sakit Youan di Beijing, Tiongkok, 14 Februari 2020. (Foto: AFP/GREG BAKER)

Warga yang Pulang ke Beijing Diwajibkan Karantina Diri

Internasional Virus Korona tiongkok
Willy Haryono • 15 Februari 2020 11:09
Beijing: Pemerintah Beijing memerintahkan siapapun yang pulang ke ibu kota Tiongkok untuk mengkarantina diri sendiri selama 14 hari atau bersiap menghadapi hukuman jika berani melanggar. Ini merupakan upaya terbaru Tiongkok dalam menekan penyebaran virus korona Covid-19.
 
"Warga diperintahkan untuk mengkarantina diri sendiri atau pergi ke tempat-tempat karantina yang sudah ditentukan," tulis artikel di media nasional Tiongkok, seperti dikutip oleh situs BBC, Sabtu 15 Februari 2020.
 
Kebijakan terbaru ini diambil otoritas Beijing usai virus korona Covid-19 muncul di Mesir, kasus pertama di benua Afrika. Beijing merupakan kota yang dihuni lebih dari 20 juta orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok mencatat ada 143 kematian pada Sabtu ini. Sementara jumlah kasus baru di hari yang sama mencapai 2.641 -- sebagian besar di provinsi Hubei.
 
Lebih dari 66 ribu orang di Tiongkok kini telah terinfeksi virus korona Covid-19. Virus ini pertama kali muncul di Wuhan, ibu kota dari provinsi Hubei pada akhir Desember 2019.
 
Dari 143 kematian terbaru, empat di antaranya terjadi di luar Hubei. Ini menjadikan total kematian akibat korona di Tiongkok mencapai 1.523, dengan tiga lainnya masing-masing satu korban tewas di Filipina, Hong Kong dan Jepang.
 
Pemerintah Tiongkok sempat merevisi angka kematian akibat korona pada Jumat kemarin. Revisi dilakukan karena otoritas Tiongkok mengakui adanya sejumlah korban tewas yang dihitung dua kali.
 
Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengirim tim pakar ke Tiongkok. Tim tersebut diproyeksikan memulai investigasi Covid-19 pada akhir pekan ini. Investigasi akan difokuskan pada bagaimana cara Covid-19 menyebar dan seberapa parah skala mewabahnya virus tersebut.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif