Wakil Menteri Luar Negeri RI AM Fachir membuka Indonesia-V4 Forum. (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id).
Wakil Menteri Luar Negeri RI AM Fachir membuka Indonesia-V4 Forum. (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id).

Indonesia Tingkatkan Potensi Perdagangan dengan Negara Visegrad

Internasional kemenlu Diplomasi Ekonomi
Sonya Michaella • 15 Februari 2019 13:32
Jakarta: Indonesia mulai melebarkan sayap kerja sama yang lebih dalam dengan negara-negara Eropa Tengah yang tergabung dam Visegrad Grup yaitu Ceko, Hongaria, Polandia dan Slovakia.
 
Wakil Menteri Luar Negeri RI AM Fachir membuka Indonesia-V4 Forum dan berharap agar Indonesia bersama empat negara tersebut dapat mengembangkan kerja sama ekonomi dan bisnis.
 
“Visi dan misi yang sama dimiliki Indonesia dan negara-negara Visegrad. Untuk itu, kami berkomitmen untuk mengetahui bidang mana yang akan ditingkatkan kerja samanya,” kata Wamenlu Fachir, di Jakarta, Jumat 15 Februari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Wamenlu Fachir, dalam lima tahun terakhir, nilai perdagangan Indonesia dengan empat negara Visegrad tersebut mencapai USD1 triliun.
 
“Negara-negara Visegrad ini memiliki potensi dan kondisi dalam bidang perdagangan dan investasi yang harus dikembangkan segera,” ungkap dia lagi.
 
Di sisi lain, peran Indonesia yang semakin menonjol di forum-forum internasional serta memiliki kekuatan ekonomi dan demografi yang menguntungkan, dinilai memberi peluang lebih luas bagi empat negara Visegrad untuk meningkatkan kerja sama dengan Indonesia.
 
Sejumlah potensi kerja sama yang perlu ditingkatkan adalah perdagangan, investasi, serta industri strategis untuk sektor pertaganan, otomotif, kesehatan dan perkapalan.
 
Hubungan Indonesia dengan empat negara tersebut dibilang memiliki sejarah yang kuat. Hubungan diplomatik sengan Polandia dan Hongaria telah terbentuk sejak 1950. Sementara dengan Ceko dan Slovakia terbentuk sejak 1993.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif