Ilustrasi jenazah. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi jenazah. (Foto: Medcom.id)

Pelaut AS dan Wanita Jepang Ditemukan Tewas di Okinawa

Internasional penemuan mayat politik jepang
Willy Haryono • 13 April 2019 20:07
Chatan: Seorang personel Angkatan Laut Amerika Serikat dan satu perempuan Jepang ditemukan tewas di sebuah apartemen di distrik Kuwae, Chatan, Sabtu 13 April 2019 pagi waktu setempat.
 
Pelaut berusia 31 tahun itu, yang identitasnya belum disebutkan, berasal dari III Marine Division Angkatan Laut AS. Seorang juru bicara Kepolisian Prefektur Okinawa menyebut pelaut itu dan seorang wanita, berusia 40-an, diyakini menjalin hubungan asmara.
 
Keduanya ditemukan meninggal dunia di kamar sebuah apartemen enam lantai. Jubir Kepolisian Prefektur Okinawa menyebut anak dari wanita itu berada di lokasi saat jasad ibunya dan seorang pelaut ditemukan di kamar apartemen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anak itu menghubungi seorang kerabat, yang kemudian meneruskan informasi itu ke kepolisian sekitar pukul 07.26 waktu Okinawa.
 
"Petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran Chatan merespons panggilan pada pukul 07.59 pagi," ujar jubir dinas pemadam, Jun Ikema, dilansir dari laman Stars and Stripes.
 
Letnan David Mancilla dari III MEF mengatakan bahwa unit investigasi kriminal Angkatan Laut AS "mendukung" penuh upaya investigasi Kepolisian Prefektur Okinawa.
 
"Kami mengetahui adanya insiden kematian seorang pelaut AS dari III Marine Division dan satu warga Okinawa," tutur Mancila dalam keterangan tertulis di surat elektronik.
 
"Ini adalah sebuah tragedi, dan kami mendukung penuh investigasi kepolisian setempat," sambung dia.
 
Okinawa adalah prefektur yang sering menjadi tempat terjadinya perselisihan antara warga setempat dengan militer AS.
 
Ketegangan antara penduduk lokal Okinawa dengan militer AS sudah berlangsung selama bertahun-tahun, termasuk beberapa aksi kejahatan yang dilakukan oknum prajurit Washington. Namun keluhan warga selama ini kurang didengar pemerintah pusat Jepang di Tokyo.
 
Luas Okinawa berada di bawah 1 persen dari total area darat Jepang. Namun lebih dari separuh 47 ribu personel militer AS disiagakan di prefektur tersebut.
 
Kebisingan, kecelakaan dan kejahatan yang dilakukan sejumlah personel militer AS telah lama membuat warga Okinawa geram. Warga juga kesal karena beberapa prefektur lain menolak berbagi beban dengan Okinawa.
 
Namun lokasi Okinawa yang berada dekat Taiwan dinilai strategis bagi kehadiran militer AS di Asia.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif