Duta Besar Pakistan untuk Indonesia Abdul Salik Khan. Foto:Medcom.id/Sonya Michaella.
Duta Besar Pakistan untuk Indonesia Abdul Salik Khan. Foto:Medcom.id/Sonya Michaella.

Pakistan Ingin Tiru Kebangkitan Ekonomi Indonesia

Internasional indonesia-pakistan
Sonya Michaella • 14 Agustus 2019 14:01
Jakarta: Duta Besar Pakistan untuk Indonesia Abdul Salik Khan memuji kebangkitan ekonomi Indonesia yang kian maju pesat. Khan menegaskan, Pakistan harus mencontoh gerak cepat Indonesia dalam bidang ekonomi.
 
“Indonesia adalah sahabat dekat kami sebagai sesama negara Muslim. Ekonomi Indonesia sangat maju pesat dan kami harus mencontoh kebangkitan ekonomi Indonesia,” kata Khan ketika ditemui di Kedutaan Besar Pakistan di Jakarta, Rabu 14 Agustus 2019.
 
Tak hanya di bidang ekonomi, Pakistan dan Indonesia juga memiliki hubungan baik di bidang politik, sains, pendidikan bahkan di bidang media.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kami menawarkan sejumlah beasiswa untuk warga Indonesia, sebaliknya pun Indonesia memiliki program tersebut. Di bidang pendidikan, kami terus meningkatkan kerja sama,” ucap dia.
 
Selain pendidikan, ujar Khan, jurnalis Pakistan dan Indonesia juga memiliki hubungan yang baik. Ia menambahkan, Pakistan sempat mengadakan program pertukaran antar jurnalis dua negara.
 
Presiden RI Joko Widodo juga pernah melakukan kunjungan kerja ke Islamabad pada 2018 silam. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menyampaikan, sejak pemberlakuan Preferential Trade Agreement (PTA) pada 2013, nilai perdagangan Indonesia dan Pakistanmeningkat signifikan, dari USD1,6 miliarpada 2013 menjadi USS2,1 miliar pada 2016.
 
Selain itu, Jokowi juga ingin meningkatkan kerja sama di dunia Islam, mempromosikan Islam moderat serta persatuan ummah, membantu perjuangan bangsa Palestina, meningkatkan ekonomi umat, seperti sertifikasi halal dan bisnis berbasis syariah.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif