PM Jepang Shinzo Abe (kiri) berjalan bersama PM Tiongkok Li Keqiang di Beijing, 26 Oktober 2018. (Foto: AFP/GREG BAKER)
PM Jepang Shinzo Abe (kiri) berjalan bersama PM Tiongkok Li Keqiang di Beijing, 26 Oktober 2018. (Foto: AFP/GREG BAKER)

PM Jepang Akan Kunjungi Tiongkok di Akhir 2019

Internasional politik jepang politik tiongkok
Medcom • 03 September 2019 19:20
Tokyo: Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe kemungkinan hendak mengunjungi Tiongkok pada 24 Desember mendatang untuk bertemu Perdana Menteri Li Keqiang dan juga Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. Kabar disampaikan beberapa sumber dari pemerintah Jepang.
 
Ketiga pemimpin, yang pernah bertemu di Tokyo pada Mei 2018, dikabarkan hendak mendiskusikan isu Korea Utara, kerja sama ekonomi dan lainnya. Hal yang menjadi perhatian adalah, apakah PM Abe dan Presiden Moon dapat bertemu di tengah memburuknya hubungan kedua negara.
 
Dilansir dari laman Japan Times, Selasa September 2019, ketiga pemimpin diyakini akan mengonfirmasi kerja sama mereka menuju denuklirisasi di Semenanjung Korea. Mereka juga akan membicarakan mengenai Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional dan perdagangan bebas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Masih dari beberapa sumber di pemerintah Jepang, PM Abe berharap dapat bertemu Presiden Tiongkok Xi Jinping untuk bertukar pandang. Presiden Xi dijadwalkan mengunjungi Jepang sebagai tamu negara pada musim semi mendatang.
 
Hubungan Jepang dan Korsel memburuk saat Tokyo menerapkan kontrol yang lebih ketat terhadap Seoul dalam bidang ekspor. Hubungan semakin memburuk saat Korsel menolak memperbarui pakta berbagi data intelijen dengan Jepang.
 
Aksi balas membalas itu terjadi setelah Mahkamah Agung Korsel tahun lalu memerintahkan sejumlah perusahaan Jepang membayar kompensasi atas kerja paksa yang dialami warga Negeri Gingseng sewaktu masa penjajahan Negeri Sakura di era perang.
 
Seorang pejabat senior Jepang menilai pertemuan PM Abe dan Presiden Moon kemungkinan tidak akan terjadi.
 
Bulan lalu, Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi membicarakan rencana kunjungan PM Abe kepada Menlu Jepang Taro Kono dan Menlu Korsel Kang Kyung-wha. Menlu Wang menyebut pertemuan antara PM Abe, PM Li dan Presiden Moon dapat berlangsung akhir tahun ini.
 
Penulis: Rifqi Akbar
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif