Pacific Exsposition 2019 (Foto:Antara/Hendrina Dian Kandipi)
Pacific Exsposition 2019 (Foto:Antara/Hendrina Dian Kandipi)

DPR Dukung Penguatan Diplomasi Indonesia di Kawasan Pasifik

Internasional berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 12 Juli 2019 15:09
Jakarta: DPR RI menghadiri acara Pacific Exposition 2019 di Auckland, Selandia Baru. Acara yang berlangsung di SkyCity Auckland itu diinisiasi oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Selandia Baru untuk memperkuat diplomasi Indonesia.
 
Delegasi DPR diwakili oleh Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, Fadli Zon, Agus Hermanto, ketua BKSAP Nurhayati Assegaf, anggota DPR Reni Marlinawati, dan Teguh Juwarno.
 
Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengatakan, pihaknya mendukung kegiatan yang diinisiasi oleh Duta Besar (Dubes) RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya. Menurutnya, Pacific Exposition 2019 sebagai bentuk dukungan meningkatkan diplomasi Indonesia di Kawasan Pasifik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini strategis dan berdampak positif bagi Indonesia," kata Fahri dalam keterangan tertulis, Jumat, 12 Juli 2019.
 
Pada kesempatan tersebut, Fahri mengusulkan penguatan kerja sama di sektor kemaritiman. Sebab, potensi laut di Kawasan Pasifik sangat besar.
 
Seperti diketahui, Kedubes RI untuk Selandia Baru menggelar Pacific Exposition 2019. Acara tersebut diikuti oleh negara-negara yang berada di Kawasan Pasifik, yaitu Australia, Fiji, Indonesia, Kaledonia Baru, Kepulauan Kook, Kepulauan Marshall, Kepulauan Solomon, Kiribati, Mikronesia, Mauru, Niue, Palau, Papua, Nugini, Samoa, Selandia Baru, Timor Leste, Tonga, Tuvalu dan Vanuatu.
 
Perwakilan eksekutif dari masing-masing negara di Kawasan Pasifik hadir dalam acara tersebut. Indonesia diwakili langsung oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi sekaligus memberi sambutan dalam pembukaan Pacific Exposition 2019 ini.
 
Acara tersebut terdiri dari pameran dan diskusi mengenai perdagangan, investasi, pariwisata dan kebudayaan yang melibatkan negara-negara kawasan Pasifik.
 
Diharapkan, Pacific Exposition ini dapat memperkuat diplomasi Indonesia di kawasan Pasifik. Sekaligus memberi peluang bagi kawasan timur Indonesia untuk berkembang bersama, seperti NTT, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif