Menlu Retno dan Menlu Badrising usai pertemuan bilateral di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali, 7 Desember 2016. (Foto: MTVN/Willy Haryono).
Menlu Retno dan Menlu Badrising usai pertemuan bilateral di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali, 7 Desember 2016. (Foto: MTVN/Willy Haryono).

Suriname akan Pelajari Seni Diplomasi Indonesia

Internasional indonesia-suriname
Willy Haryono • 07 Desember 2016 21:30
medcom.id, Nusa Dua: Menteri Luar Negeri Suriname Niermala Badrising menemui Menlu Retno Marsudi dalam upaya meningkatkan hubungan bilateral kedua negara.
 
Pertemuan berlangsung menjelang Bali Democracy Forum IX di Nusa Dua, Bali, Rabu 7 Desember malam. Ini merupakan kunjungan perdana Menlu Badrising ke Indonesia.
 
Kedua negara sepakat memulai joint commison dan political consulatation di Suriname pada Februari 2017. Terdapat lima bidang kerja sama yang akan dibangun Indonesia dan Suriname, salah satunya mengenai diplomasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Suriname sedang membangun diplomatic training center. Kita akan berbagi pengalaman dalam bidang diplomasi," ujar Menlu Retno di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali.
 
"Indonesia adalah salah satu negara yang sukses dalam melatih para diplomatnya," sebut Menlu Badrising, yang berencana menggunakan kurikulum diplomasi Indonesia.
 
Bidang kerja sama kedua adalah pariwisata. Suriname, negara yang sekitar 13 persen penduduknya adalah keturunan Indonesia, kagum dengan perkembangan pesat sektor pariwisata Tanah Air. "Ini dapat dilihat dari pesatnya pariwisata di Bali," ucap dia.
 
Kerja sama lainnya akan dibentuk di bidang perkebunan kelapa sawit, infrastruktur dan pencegahan banjir. "Di sana Indonesia bisa berinvestasi dalam sawit. Suriname juga sedang membangun banyak infrastruktur di negaranya," ungkap Menlu Retno.
 
Terdapat pula kerja sama terkait perubahan iklim, dalam hal ini adalah perlindungan wilayah pesisir. "Kami ingin bekerja sama dalam melindungi pesisir dari meningkatnya ketinggian air laut, kata Menlu Badrising.
 
Di akhir pertemuan, Menlu Badrising menyampaikan ucapan duka atas terjadinya musibah gempa bumi 6,4 Skala Richter di Aceh.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif