Prabowo-Sandi Ingin Tingkatkan Anggaran Pertahanan Tiap Tahun

Sonya Michaella 21 November 2018 13:17 WIB
pilpres 2019Prabowo-Sandi
Prabowo-Sandi Ingin Tingkatkan Anggaran Pertahanan Tiap Tahun
Dewan Pakar Badan Pemenangan Prabowo-Sandi, Rizal Darmaputra (tengah) di CSIS, Jakarta, 21 November 2018. (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id)
Jakarta: Sejumlah program telah dicanangkan calon presiden dan calon wakil presiden nomor dua Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno untuk kemampuan pertahanan dan politik luar negeri Indonesia.

“Salah satunya adalah meningkatkan anggaran setiap tahunnya untuk meningkatkan kemampuan pertahanan dan modernisasi,” kata Dewan Pakar Badan Pemenangan Prabowo-Sandi, Rizal Darmaputra di CSIS, Jakarta, Rabu, 21 November 2018.

Rizal mengatakan, sejumlah program tersebut nantinya akan digodok lagi oleh Prabowo-Sandiaga. Pastinya untuk memajukan industri pertahanan Indonesia.


“Mempercepat peningkatkan kemampuan industri strategis nasional untuk memenuhi alutsista negara itu penting,” lanjut dia.

Untuk politik luar negeri, ujarnya, kurang lebih hampir sama dengan visi dan misi petahana Joko Widodo-Ma’ruf Amin, yaitu politik luar negeri bebas aktif.

“Selain itu, Pak Prabowo dan Pak Sandiaga juga ingin membangun kedaulatan maritim tangguh dan kuat untuk mewujudkan keutuhan integritas wilayah Indonesia dengan memperkuat sistem pertahanan dan keamanan nasional,” ungkap dia.

Kementerian Pertahanan RI melalui Sekretaris Jenderal Marsekal Madya Hadiyan Sumintaatmadja menjelaskan bahwa pihaknya sudah mengajukan anggaran baru untuk 2019. Besaran anggaran untuk Tahun Anggaran 2018 itu mencapai Rp107,16 triliun.

Melalui jumlah itu, ada kenaikan anggaran pertahanan tahun 2019 sebanyak Rp1,10 triliun. Sebelumnya anggaran pertahanan yang ditetapkan oleh pemerintah mencapai Rp106,05 triliun.

Anggaran sebesar rencananya itu akan dibagi secara proporsional demi peruntukan tiga matra di TNI. Alokasi anggaran ini juga dipergunakan untuk penambahan satuan TNI di wilayah Indonesia Timur.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id