Keluarga penumpang melambaikan tangan ke arah kapal pesiar Diamond Princess di Yokohama, Jepang, 11 Februari 2020. (Foto: AFP/CHARLY TRIBALLEAU)
Keluarga penumpang melambaikan tangan ke arah kapal pesiar Diamond Princess di Yokohama, Jepang, 11 Februari 2020. (Foto: AFP/CHARLY TRIBALLEAU)

Kasus Virus Korona di Diamond Princess Jadi 174

Internasional Virus Korona jepang
Willy Haryono • 12 Februari 2020 08:26
Tokyo: Tambahan 39 orang lainnya yang berada di kapal pesiar Diamond Princess di pelabuhan Yokohama, Jepang, dinyatakan positif terjangkit virus korona terbaru, Covid-19. Lewat tambahan ini, angka total infeksi korona di Diamond Princess mencapai 174.
 
"Dari 53 hasil tes, 39 dinyatakan positif," kata Menteri Kesehatan Jepang Katsunobu Kato kepada awak media, Rabu 12 Februari 2020. Ia menambahkan, seorang petugas karantina juga terinfeksi virus tersebut.
 
"Saat ini, kami mengonfirmasi bahwa empat orang, dari sejumlah orang yang dirawat di rumah sakit, berada dalam kondisi serius. Dari keempat orang itu ada yang dirawat dengan ventilator atau berada di unit perawatan intensif," sambungnya, dikutip dari laman AFP.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Diamond Princess dikarantina sejak tiba di lepas pantai Jepang pada akhir pekan kemarin. Karantina dilakukan usai seseorang yang pernah naik ke kapal tersebut dari Hong Kong dinyatakan positif korona.
 
Saat Diamond Princess tiba di Jepang, otoritas setempat memeriksa hampir 300 dari total 3.711 orang di kapal tersebut. Secara bertahap, orang-orang yang dinyatakan positif dikeluarkan dari kapal dan dibawa ke rumah sakit.
 
Dalam beberapa hari terakhir, pemeriksaan diperluas ke orang-orang yang memperlihatkan gejala atau yang pernah melakukan kontak dengan penumpang atau kru terinfeksi korona.
 
Mereka yang tetap berada di dalam Diamond Princess diminta untuk tetap berada di dalam kabin, dengan sesekali diizinkan keluar ke area geladak. Mereka semua juga diminta tetap mengenakan masker dan menjaga jarak antar sesama.
 
Tidak hanya itu, mereka juga diberikan termometer untuk memeriksakan sendiri temperatur tubuh. Dari total orang yang masih ada di Diamond Princess, 78 merupakan kru asal Indonesia.
 
Jepang mengatakan karantina Diamond Princess akan berlangsung hingga 19 Februari, atau dua pekan usai masa isolasi pertama kali diterapkan.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif