Paduan suara Fricilia Mixed Choir (FMC) dalam kunjungannya ke KBRI New Delhi, (Foto: Atdikbud KBRI New Delhi)
Paduan suara Fricilia Mixed Choir (FMC) dalam kunjungannya ke KBRI New Delhi, (Foto: Atdikbud KBRI New Delhi)

Paduan Suara Indonesia Tampil Memukau di New Delhi

Internasional indonesia-india
Willy Haryono • 29 Oktober 2019 16:06
New Delhi: Paduan suara asal Indonesia berkesempatan unjuk kebolehan di hadapan ratusan pengunjung di acara Concert for Peace di salah satu gereja bersejarah peninggalan Inggris di New Delhi, Cathedral Church of Redemption, Sabtu 26 Oktober.
 
Berkolaborasi dengan AO Naga Choir, Fricilia Mixed Choir (FMC) yang berasal dari Manado dan memboyong 18 anggota tampil memukau lewat lantunan lagu-lagu rohani berbahasa Inggris.
 
Tim FMC juga pamer kebolehan dengan menyanyikan lagu kebangsaan India, Jana Gana Mana. Pelafalan dan mimik para anggota FMC begitu baik, persis layaknya orang India. Spontan penampilan tersebut mendapat tepuk tangan meriah dari semua pengunjung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


FMC adalah sanggar paduan suara yang didirikan pada 2014 oleh Fricilia Rumajar di Manado. FMC beranggotakan 27 orang talenta muda dengan latar belakang beragam, antara lain pelajar, mahasiswa dan pegawai.
 
Peserta paling muda berusia 16 tahun dari SMA dan SMK di Manado, sedangkan yang berstatus mahasiswa berasal dari Universitas Sam Ratulangi dan Universitas Pembangunan Indonesia, dan juga ada yang sudah bekerja di bidang kesehatan serta farmasi.
 
Fricilia sebagai pendiri sekaligus pelatih FMC adalah dosen di Universitas Pembangunan Indonesia, Manado, dan IPDN Sulawesi Utara. Keinginannya yang kuat berhasil melahirkan kelompok paduan suara yang kompak dan bisa berkiprah di level internasional.
 
Berawal dari keinginan menjadi pelatih paduan suara sejak kecil, Fricilia tidak hanya menjadikan FMC sebagai tempat latihan yang semata-mata fokus untuk berpartisipasi dalam berbagai kompetisi. Lebih dari itu, Fricilia nyatanya mampu membawa FMC melanglang buana ke luar negeri.
 
Meski di usia yang relatif muda, FMC telah mendapat kesempatan diundang oleh beberapa negara, seperti Singapura (2018) untuk tampil pada kegiatan Celebrate Christmas di Orchard Road dan diundang kembali untuk acara yang sama Desember tahun ini. Di tahun 2020-2021, Melbourne dan Kroasia juga akan mendapat giliran untuk dipukau oleh penampilan apik Tim FMC.
 
Saat berkunjung ke KBRI New Delhi, Tim FMC disambut antusias Duta Besar Sidharto Reza Suryodipuro beserta jajaran staf. Dalam rangka menyongsong semangat Sumpah Pemuda pada 28 Oktober, Tim FMC menampilkan beberapa lagu bernuansa perjuangan seperti Maju Tak Gentar dan Indonesia Jaya. Selain itu, FMC juga menampilkan beberapa lagu daerah dari Batak, Manado dan Jawa Timur, serta beberapa tembang pop terkini yang bernuansa semangat dan enerjik.
 
Paduan Suara Indonesia Tampil Memukau di New Delhi
FMC bersama jajaran staf KBRI New Delhi. (Foto: Atdikbud KBRI New Delhi)
 
Sambil menikmati makanan ringan khas India, rombongan FMC sempat bertemu langsung dengan Dubes Arto. Fricilia menyampaikan kesiapan FMC sekiranya diberi kesempatan untuk tampil pada resepsi diplomatik atau kegiatan budaya lainnya di masa mendatang.
 
"KBRI New Delhi senang sekali bisa menyambut rombongan paduan suara FMC, apalagi yang dibawa adalah nama Indonesia dalam konser ini. Tentunya KBRI sebagai rumah kita bersama sudah semestinya mendukung secara maksimal agar kegiatan selama di New Delhi berjalan dengan sukses," kata Dubes Arto, dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Selasa 29 Oktober 2019.
 
"Saya juga berharap nantinya akan ada kerja sama yang baik antara KBRI dan semua pihak terkait kegiatan-kegiatan yang sama di masa mendatang," sambung dia saat bertemu FMC.
 
Selain itu, Dubes Arto juga menyampaikan informasi mengenai potensi pendidikan Teknologi Informasi dan manajemen berkualitas dan murah di India. Informasi diberikan agar para pemuda Indonesia, termasuk dari Manado, dapat mempertimbangkan opsi melanjutkan pendidikan tinggi di India.
 
Setelah dari New Delhi, rombongan FMC melanjutkan perjalanan ke Colombo, Sri Lanka, pada 28 Oktober. Nantinya FMC akan tampil di Lionel Wendt Theatre pada 31 Oktober. Acara akan diawali dengan bertemu dan bersilaturahmi dengan Duta Besar Indonesia di Sri Lanka I Gusti Ngurah Ardiyasa.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif