NEWSTICKER
Petugas berada di lokasi jatuhnya pesawat di dekat Almaty, Kazakhstan, Jumat 27 Desember 2019. (Foto: AFP)
Petugas berada di lokasi jatuhnya pesawat di dekat Almaty, Kazakhstan, Jumat 27 Desember 2019. (Foto: AFP)

Kecelakaan Pesawat, Kazakhstan Gelar Hari Berkabung Nasional

Internasional kecelakaan pesawat Kazakhstan
Arpan Rahman • 29 Desember 2019 16:05
Almaty: Kazakhstan menggelar hari berkabung nasional untuk 12 korban tewas dari kecelakaan pesawat yang terjadi Jumat lalu. Pesawat itu jatuh tak lama usai lepas landas dari Bandara Internasional Almaty.
 
Dioperasikan maskapai Bek Air, pesawat tersebut mengangkut 98 penumpang. Banyak dari mereka yang berhasil selamat dari kecelakaan tersebut.
 
Di Nur-Sultan, bendera terbesar Kazakhstan berkibar setengah tiang. Para pejabat menyerukan kepada warga untuk beramai-ramai mendonorkan darah demi membantu korban luka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Disitir dari Guardian, Sabtu 28 Desember 2019, pilot pesawat termasuk dari deretan 12 korban tewas. Sementara 47 penumpang, termasuk sembilan anak-anak, masih dirawat intensif di rumah sakit.
 
Investigasi kecelakaan telah dimulai, untuk menentukan ada tidaknya pelanggaran regulasi keamanan dan aturan pengoperasian transportasi udara. Hingga saat ini, Kementerian Dalam Negeri Kazakhstan masih menyelidiki berbagai kemungkinan penyebab terjadinya kecelakaan.
 
Hasil awal penyelidikan akan diumumkan bulan depan. Selagi menunggu hasil, 12 pesawat maskapai Bek Air untuk sementara dilarang beroperasi.
 
Sebelumnya, tim penyelamat berhasil menarik seorang bayi dari puing pesawat Bek Air yang jatuh menimpa rumah di dekat Almaty. Saat operasi penyelamatan, belum diketahui apakah bayi tersebut berada dalam kondisi hidup atau tidak.
 
Bek Air mengoperasikan total 9 pesawat Fokker 100, sebuah tipe menengah yang dibuat di Belanda.
 
Pada Maret 2016, sebuah pesawat Bek Air Fokker 100 berpenumpang 116 orang terpaksa mendarat darurat di Bandara Internasional Nur-Sultan. Insiden terjadi akibat kerusakan di bagian roda pendaratan. Tidak ada orang yang terluka dalam kejadian tersebut.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif