Potensi dan kesempatan Indonesia untuk bekerja sama dengan Timur Tengah serta OKI sangatah besar. (Foto:Medcom.id/Sonya)
Potensi dan kesempatan Indonesia untuk bekerja sama dengan Timur Tengah serta OKI sangatah besar. (Foto:Medcom.id/Sonya)

Potensi Kerja Sama Pendidikan Tinggi RI-Timur Tengah Besar

Internasional diplomasi luar negeri timur tengah Pendidikan Tinggi
Sonya Michaella • 02 Mei 2019 17:39
Jakarta: Tingginya kualitas perguruan tinggi di Timur Tengah dan negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) menunjukkan sudah waktunya Indonesia meningkatkan kerja sama pendidikan tinggi dengan negara-negara tersebut.
 
“Kerja sama pendidikan tidak hanya melulu soal Bahasa Arab tapi juga subjek-subjek yang lain seperti investasi, pariwisata, dan ekonomi serta hukum dan politik,” kata Utusan Khusus Presiden RI untuk Timur Tengah dan OKI, Alwi Shihab, di Jakarta, Kamis 2 Mei 2019.
 
Alwi menambahkan, potensi dan kesempatan Indonesia untuk bekerja dengan Timur Tengah serta OKI, sangatlah besar. Terutama di bidang ekonomi yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan masing-masing negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Orang-orang Timur Tengah dan OKI juga harus lebih tahu soal Indonesia, bukan hanya Bali. Indonesia pun harus mengetahui bahwa Timur Tengah bukan hanya konflik,” ucap mantan Menteri Luar Negeri RI ini.
 
Kerja sama pendidikan tinggi ini juga didukung oleh sejumlah negara seperti Turki, Arab Saudi, Iran, Irak, Tunisia, Yordania, Palestina, Sudan, Yaman, Kazakhstan, Brunei Darussalam, Mesir, Oman, Bahrain, dan Malaysia.
 
Dari pihak universitas di Indonesia didukung juga oleh Universitas Indonesia, ITB, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, dan masih banyak perguruan tinggi yang lain.
 
Kerja sama ini bersifat resiprokal atau saling memberi dan menerima, misalnya pertukaran mahasiswa, dosen, dan peneliti yang dibiayai kedua belah pihak.
 
Dengan adanya peningkatkan kerja sama pendidikan tinggi Indonesia dengan Timur Tengah dan negara anggota OKI ini diharapkan akan meningkatkan jumlah dan mutu sumber daya manusia yang berkualitas.
 
Sumber daya manusia tersebut nantinya akan membantu meningkatkan kerja sama ekonomi, khususnya perdagangan, investasi, dan pariwisata antara Indonesia dan negara-negara Timur Tengah serta OKI.
 

(WAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif