Para pemimpin ASEAN bersama PM Tiongkok Li Keqiang dalam pertemuan November 2018 lalu di Singapura. (Foto: AFP).
Para pemimpin ASEAN bersama PM Tiongkok Li Keqiang dalam pertemuan November 2018 lalu di Singapura. (Foto: AFP).

Tiongkok Mempertanyakan Konsep Indo Pasifik di ASEAN

Internasional Indo Pasifik
Sonya Michaella • 24 Januari 2019 20:14
Jakarta: Konsep Indo Pasifik sudah bergulir di Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara atau ASEAN. Konsep ini telah ditawarkan Indonesia sejak 2013.
 
Konsep ini pun ditawarkan kepada mitra-mitra ASEAN, seperti Tiongkok dan Amerika Serikat, dengan harapan adanya kerja sama di berbagai bidang seperti ekonomi dan keamanan serta kesejahteraan kawasan.
 
Namun, Amerika Serikat pun telah menawarkan konsep Indo Pasifik. Rincian konsep Indo Pasifik yang bebas dan terbuka dipaparkan Wakil Presiden AS Mike Pence ketika hadir di KTT AS-ASEAN di Singapura, tahun lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pendiri Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) Dino Patti Djalal mengatakan, Tiongkok hingga saat ini masih mempertanyakan konsep Indo Pasifik.
 
“Mereka tidak setuju, tidak mengiyakan, pun tidak menolak. Tetapi mereka masih mempertanyakan soal konsep ini,” kata Dino, di Jakarta, Kamis 24 Januari 2019.
 
Menurut Dino, hal ini dapat menjadi sebuah motivasi terkait konsep Indo Pasifik. Sikap dan pilihan Tiongkok, bisa saja sewaktu-waktu berubah.
 
Konsep Indonesia tentang Indo-Pasifik menjanjikan win-win solution geopolitik kolaborasi dengan menyatukan kepentingan individu ke dalam kepentingan bersama, termasuk dalam menciptakan pusat pertumbuhan baru.
 
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan konsep Indo-Pasifik yang dipilih Indonesia menjadikan ASEAN sebagai pusatnya. Retno menambahkan, yang dilakukan Indonesia adalah membuat konsep di mana menghubungkan Samudera Pasifik dan Hindia.
 
Dengan menghubungkan antara Samudera Pasifik dan Hindia, Indonesia mengharapkan akan terjadi pusat-pusat pertumbuhan baru di Samudera Hindia.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi