Indonesia Jadi Contoh Kerukunan di Afghanistan
Dubes Arief (kiri) bersama jajaran Kemenag RI. (Foto: Kemenag RI)
Jakarta: Duta Besar RI untuk Afghanistan, Arief Rachman, menilai Kementerian Agama RI berperan penting dalam diplomasi soft power Indonesia dalam membantu menyelesaikan konflik di Afghanistan.

Kondisi keamanan di Afghanistan masih belum stabil hingga saat ini sejak dimulainya invasi Amerika Serikat dan para sekutunya dalam memburu kelompok militan al-Qaeda pada 2001.

"Dengan pendekatan soft power dalam artian pendekatan dari hati ke hati, semoga kerja sama ke depan semakin baik. Kita banyak kesamaan terutama kesamaan agama dan budaya," terang Dubes Arief, dalam keterangan tertulis dari Kemenag RI kepada Medcom.id, Rabu 14 Februari 2018.


Menurut dia, peran Kemenag sangat signifikan karena misi Indonesia menggunakan pendekatan soft power dengan agama dan kebudayaan. Kemenag diharapkan bisa memberikan solusi dalam persoalan agama, budaya, dan sosial.

Dubes Arief pun menjelaskan bahwa di Kabul sudah ada masjid yang dapat menampung 2500 jamaah. Masjid ini menjadi tempat berkumpul, menyatukan umat, dan juga menjadi tempat anak-anak belajar Al-Qur’an.

"Di sana juga akan segera dibangun perpustakaan yang nantinya bisa bermanfaat bagi umat di Afghanistan," ujar dia.

Ditambahkan, pertemuan woman empowering di Afghanistan beberapa bulan lalu dengan mendatangkan Menteri Perempuan dari Indonesia sebagai keynote speaker, menambah nilai positif bagi rakyat Afghanistan Indonesia dinilai istimewa, salah satunya karena berhasil menggelar konferensi perempuan dunia.  

Saat ini, di Afghanistan ada sekitar enam ribu ulama yang tersebar di 22 Provinsi. Mereka berharap Indonesia menjadi mediator, fasilitator untuk perdamaian di Afganistan. Mereka memuji  ulama dan masyarakat Indonesia yang sangat toleran.

Dubes Arief juga menegaskan bahwa Afghanistan sudah menangkap konsep kerukunan di Indonesia dan dijadikan role model.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360