Tiongkok Peringatkan AS untuk Cabut Sanksi Militer
Tiongkok beli pesawat Sukhoi SU-35 dari Rusia yang memicu sanksi dari Amerika Serikat (AS). (Foto: AFP).
Beijing: Pemerintah Tiongkok memperingatkan Amerika Serikat (AS) untuk mencabut sanksi yang dijatuhkan pada militer Negeri Tirai Bambu. Sanksi dijatuhkan AS karena Tiongkok membeli senjata dari Rusia.
 
Baca juga: Tiongkok Beli Senjata Rusia, AS Berlakukan Sanksi.
 
Tiongkok memperingatkan AS akan menanggung konsekuensinya jika tetap menerapkan sanksi tersebut.
 
"Kami tidak bisa menerima atas praktik yang tidak masuk akal yang telah dilakukan oleh Amerika Serikat," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Geng Shuang, seperti dikutip AFP, Jumat 21 September 2018.
 
Geng mengatakan Beijing telah mengajukan protes resmi dengan Amerika Serikat.
 
"Tindakan AS telah melanggar secara serius prinsip-prinsip dasar hubungan internasional dan sangat merusak hubungan antara kedua negara dan kedua militer," kata Geng.
 
"Kami sangat mendesak AS untuk segera memperbaiki kesalahan mereka dan mencabut apa yang disebut sanksi. Jika tidak AS akan menanggung konsekuensinya," tegas Geng.
 
Kementerian Luar Negeri AS mengatakan menerapkan sanksi keuangan pada Departemen Pengembangan Peralatan dari Kementerian Pertahanan Tiongkok, dan administrator puncaknya. Sanksi diberikan atas jet tempur Sukhoi Su-35 dan rudal permukaan-ke-udara S-400, milik Rusia.
 
Para pejabat mengatakan itu adalah pertama kalinya negara ketiga telah dihukum di bawah undang-undang sanksi CAATSA untuk berurusan dengan Rusia. Sanksi ini membuktikan pemerintahan Presiden Donald Trump untuk mengambil risiko hubungan dengan negara lain dalam kampanye melawan Moskow.
 
Langkah ini dilakukan ketika Amerika Serikat dan Tiongkok berada dalam panasnya perang dagang.
 
Kedua negara akan meluncurkan tarif baru pada hari Senin, dengan Washington menargetkan USD200 miliar dalam ekspor Tiongkok dan Beijing mencapai USD60 miliar produk Amerika. Kedua belah pihak telah memberlakukan tarif USD50 miliar barang dari masing-masing negara.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id