Menlu Retno Marsudi usai pemaparan prioritas politik luar negeri Indonesia. Foto: Dok.Kemenlu RI
Menlu Retno Marsudi usai pemaparan prioritas politik luar negeri Indonesia. Foto: Dok.Kemenlu RI

Siap Jadi Ketua ASEAN, Indonesia Kawal Indo Pasifik

Internasional Indo Pasifik
Sonya Michaella • 29 Oktober 2019 20:09
Jakarta: Indonesia bakal menjabat keketuaan ASEAN pada 2023 mendatang. Untuk lima tahun ke depan, Indonesia ingin memastikan implementasi kerja sama Indo Pasifik yang telah disepakati di pertemuan ASEAN, Juni lalu.
 
“ASEAN telah mengadopsi Outlook on Indo Pacific, itu artinya kita harus kawal implementasi kerja sama Indo Pasifik berjalan dengan baik,” kata kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi kepada awal media di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Selasa 29 Oktober 2019.
 
Retno mengungkapkan, Indonesia juga berencana menjadi tuan rumah ASEAN-Indo Pacific Infrastructure and Connectivity Forum pada 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Indonesia selalu ingin menjadi bagian dari solusi permasalahan di kawasan, salah satunya Rakhine, penyelesaian Code of Conduct di Laut China Selatan, dan penguatan promosi perlindungan HAM di ASEAN melalui AICHR,” ucap Retno.
 
Outlook ini mencerminkan sentralitas dan kekuatan ASEAN dalam menghormati prinsip-prinsip menjaga perdamaian, memperkuat budaya dialog, serta memperkokoh kerja sama.
 
Presiden RI Joko Widodo, kala itu, menyampaikan apresiasi terhadap semua negara ASEAN yang telah memberikan kontribusi besar dalam pengembangan Outlook tersebut.
 
Lebih lanjut Presiden Jokowi mengatakan bahwa ASEAN harus kuat, ASEAN harus bersatu dan ASEAN harus mampu menjadi motor perdamaian dan stabilitas Asia Tenggara.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif