Pertemuan delegasi Indonesia dan Beluarusia dalam Sidang Komisi Bersama (SKB) keenam (Foto: Fajar Nugraha/Metrotvnews.com).
Pertemuan delegasi Indonesia dan Beluarusia dalam Sidang Komisi Bersama (SKB) keenam (Foto: Fajar Nugraha/Metrotvnews.com).

Indonesia-Belarusia Rumuskan Penguatan Komitmen Kerja Sama

Fajar Nugraha • 17 Oktober 2017 14:59
medcom.id, Jakarta: Banyak hubungan sektor yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan hubungan dua negara. Hal ini yang tengah diperkuat oleh Indonesia dan Belarusia.
 
Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Kementerian Luar Negeri, melakukan Sidang Komisi Bersama (SKB) dengan Belarusia. Pertemuan keenam ini berlangsung di Hotel Hermitage, Jakarta Selasa 17 Oktober 2017. 
 
Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemenlu RI, Muhammad Anshor memimpin delegasi Indonesia dalam pertemuan tersebut. Adapun delegasi Belarusia dipimpin oleh Wakil Menteri Luar Negeri Andrei Dapkiunas.
 
Dirjen Anshor menyebutkan, kehadiran delegasi Belarusia menunjukkan komitmen dan pertemuan tersebut merefleksikan hubungan kedua negara yang bisa memberikan hubungan bilateral yang lebih mendalam.
 
"Pertemuan ini merefleksikan komitmen bagi kedua negara untuk mencari banyak cara dan cara yang kreatif demi membawa hubungan kita ke tingkat lebih baik," ujar Anshor di Hotel Hermitage, Selasa 17 Oktober 2017. 
 
Pertemuan juga menandakan tingkat intensitas hubungan kedua negara, yang direfleksikan determinasi kuat untuk mencari cara yang efektif memperkuat kerja sama. 
 
Indonesia-Belarusia Rumuskan Penguatan Komitmen Kerja Sama
 
 
"Pertemuan ini ditujukan untuk mengkaji kemajuan yang diraih dalam hubungan bilateral selama ini, dan tentu juga mengidentifikasi jika ada tantangan dari hubungan. Tentunya tugas kita untuk mencari solusi dari tantangan yang dihadapi," imbuh mantan Wakil Watapri di New York itu.
 
Jelas bahwa kepentingan yang sama antara Indonesia dan Belarusia telah melibatkan kerja sama yang luas serta menunjukkan seberapa dekat kedua negara, tidak hanya sebagai teman tetapi juga rekan yang bisa diandalkan di berbagai bidang.
 
"Kita berbagi nilai yang fundamental dan bekerja sama dengan erat untuk mengatasi permasalah seperti perdagangan manusia. Kini dalam bidang bilateral, kita sudah meraih banyak hal dan menjaga hubungan bilateral dalam level ini yang sangat luar biasa. Banyak ruang yang bisa diperkuat lagi," tegas Anshor.
 
Menurutnya, sudah menjadi tugas pemerintahan kedua negara untuk menjamin hubungan people to peoples (antar masyarakat) dan busines to busines (antar bidang usaha) yang lebih kondusif. Hal ini hanya akan bisa dicapai dengan cara mengintensifkan kerja sama dan memperluas kerja sama kedua negara.
 
Sedangkan Wamenlu Dapkiunas menyebutkan bahwa dirinya terkesan dengan Indonesia, meskipun baru pertama kali datang. "Ini adalah negara yang memiliki banyak harapan di berbagai bidang," ungkap Dapkiunas.
 
"Presiden (kami) secara pribadi memiliki keterikatan bilateral antara Indonesia dan Belarusia. Khususnya setelah kunjungannya empat tahun lalu," tuturnya.
 
Indonesia-Belarusia Rumuskan Penguatan Komitmen Kerja Sama
 
 
Lebih lanjut Dapkiunas menegaskan pihaknya sangat fokus untuk meraih hasil praktis demi kebaikan kedua negara. Menurutnya setelah pertemuan komisi bersama dua tahun lalu di Minsk (pada 2015), ada pertumbuhan konsisten proses kontak dan dialog antara kedua pihak. Pihaknya harap bahwa pertemuan ini akan menjadi tahap penting dalam melakukan pertukaran pikiran demi mempererat kerja sama ekonomi dan masyarakat kedua negara.
 
Delegasi Belarusia juga disertai oleh dua perwakilan senior pemerintahan. Mereka antara lain, Deputi Pertama Kementerian Agrikultur dan Pangan Leonid Marinich dan Wakil Menteri Industri Korchik Dmitry Alexandrovich.
 
Hubungan Indonesia dan Belarusia melalui pasang surut. Dari sisi perdagangan, berdasarkan data dari Kementerian Perdagangan RI, total perdagangan pada 2016 mencapai USD166.547. Sementara pada 2017, hingga jangka waktu Januari hingga Juli mencapai USD115.143. Berdasarkan data ini, tampak masih banyak peluang yang bisa digali dalam penguatan hubungan Indonesia dan Belarusia.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif