Peta terjadinya gempa dan tsunami di Kaledonia Baru. (Foto: AFP)
Peta terjadinya gempa dan tsunami di Kaledonia Baru. (Foto: AFP)

Gempa 7 SR, Tsunami Kecil Hantam Kaledonia Baru

Internasional pasifik
Sonya Michaella • 20 November 2017 09:08
Noumea: Gempa bawah laut berkekuatan 7 Skala Richter (SR) melanda Pasifik Selatan, hari ini. Akibatnya, gelombang tsunami kecil pun menghantam Kaledonia Baru dan Vanuatu.
 
Gempa tersebut awalnya dilaporkan berkekuatan 7,3 SR, diketahui melalanda 51 mil sebelah timur Kepulauan Loyalty dan merupakan gempa besar kedua di wilayahyang sama, kurang dari 24 jam.
 
Dilansir dari Telegraph, Senin 20 November 2017, gempa terjadi pada 09.43 waktu setempat di kedalaman 6 mil, menurut Survei Geologi Amerika Serikat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilaporkan pula, gelombang tsunami sempa tmencapai satu meter di atas permukaan air pasang di beberapa lokasi di Kaledonia Baru, sementara hantaman di Vanuatu tak terlalu besar.
 
Kendati demikian, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik memperingatkan bahwa gelombang tsunami ini bisa muncul dalam beberapa jam ke depan.
 
"Instansi pemerintah yang bertanggung jawab atas wilayah pesisir yang terancam harus mengambil tindakan untuk menginformasikan dan menginstruksikan warga pesisir yang berisiko terkena dampal," kata badan tersebut.
 
Penduduk di Noumea tengah adalah yang paling merasakan dampaknya. Mobil-mobil yang diparkir di jalanan dilaporkan bergetar hebat. Sebelum gempa tersebut terjadi, ternyata getaran-getaran kecil telah dirasakan pada malam sebelumnya.
 
Kantor Manajemen Bencana Nasional Vanuatu menyarankan orang-orang di provinsi selatan untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.
 
Badan keamanan Sipil Kaledonia Baru saat ini juga masih mengumpulkan data, dan tidak berencana untuk segera melakukan evakuasi.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif