Menlu Retno Marsudi (kanan) bersama Sekjen GCC Abdul Latif bin Rashid Al-Zayani di Kemenlu RI, Jakarta, Rabu 28 Agustus 2019. (Foto: Medcom.id/Sonya Michaella)
Menlu Retno Marsudi (kanan) bersama Sekjen GCC Abdul Latif bin Rashid Al-Zayani di Kemenlu RI, Jakarta, Rabu 28 Agustus 2019. (Foto: Medcom.id/Sonya Michaella)

Negara Teluk Apresiasi Peran Indonesia di Dunia Islam

Internasional diplomasi luar negeri palestina israel
Sonya Michaella • 28 Agustus 2019 11:55
Jakarta: Mengunjungi Indonesia, Sekretaris Jenderal Gulf Cooperation Council (GCC) atau Dewan Kerja Sama Teluk Abdul Latif bin Rashid Al-Zayani mengapresiasi peran Indonesia yang selalu aktif di dunia Islam.
 
"Sekjen GCC juga melihat posisi kita di Dewan Keamanan PBB, G20 dan organisasi lainnya. Ia melihat bahwa politik luar negeri Indonesia konsisten," kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, ditemui di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Rabu 28 Agustus 2019.
 
Selain itu, lanjut dia, GCC juga sepakat untuk menyebarkan nilai-nilai Islam moderat, toleransi serta memerangi radikalisme dan terorisme bersama Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menlu Retno menambahkan, Al-Zayani juga terus memantau peran Indonesia terutama dalam politik luar negeri. Tak ketinggalan, isu Palestina pun terus dibahas dalam pertemuan ini.
 
"Soal palestina, kami sepakat bahwa tidak ada cara lain bagi kita, GCC dan Indonesia untuk bekerja sama membantu saudara-saudara kita di Palestina mencapai kemerdekaan," ucap dia.
 
Untuk masalah Palestina, GCC menegaskan bahwa stabilitas dan perdamaian di dunia tidak dapat tercipta jika masalah Palestina tidak diselesaikan segera.
 
"Posisi kita dan GCC sama. Jadi kita harus memperkuat posisi masing-masing dan tidak akan mundur dari posisi awal," tutur Menlu Retno.
 
Dia mengungkapkan, Indonesia dan GCC sepakat untuk saling mengingatkan posisi satu sama lain guna memperjuangkan hak-hak warga Palestina.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif