Pria AS Tewas Dibunuh Suku Terancam Punah
Suku Sentinelese hampir selalu menyerang siapapun yang berani mendekat. (Foto: INDIAN COASTGUARD/SURVIVAL INTERNATIONAL)
New Delhi: Seorang warga Amerika Serikat tewas dibunuh, diduga kuat oleh suku terancam punah di Kepulauan Andaman dan Nicobar yang merupakan bagian dari negara India.

Tujuh nelayan, yang secara ilegal mengantar korban ke pulau North Sentinel -- rumah bagi suku terisolasi dan terancam punah Sentinelese -- telah ditangkap polisi. Akses ke pulau tersebut dilarang keras pemerintah India, dan siapapun tidak diizinkan bertemu suku Sentinel.

Suku Sentinelese, yang total anggotanya hanya kurang dari 50, hampir selalu menyerang siapapun yang berani mendekati pulau mereka. Media lokal menyebut korban adalah seorang misionaris yang ingin menyebarkan agama Kristen ke suku Sentinel. Korban diidentifikasi sebagai John Allen Chau.


"Polisi mengatakan Chau pernah mengunjungi pulau North Sentinel sebanyak empat hingga lima kali dengan dibantu nelayan lokal," ucap jurnalis senior Subir Bhowmik kepada kantor berita BBC Hindi, Rabu 21 November 2018.

"Jumlah anggota suku Sentinelese sangat sedikit, mereka juga bahkan tidak tahu cara menggunakan uang. Pemerintah India melarang adanya kontak apapun dengan mereka," lanjut dia.

Media AFP mengutip seorang sumber yang mengatakan Chau berusaha mencapai North Sentinel pada 14 November namun berakhir gagal. Ia mencoba kembali dua hari setelahnya.

"Dia diserang dengan panah. Para nelayan melihat suku Sentinelese mengikat tali di leher korban dan menyeretnya. Mereka ketakutan dan lari meninggalkan pulau," tulis laporan di AFP.

Jasad Chau ditemukan pada 20 November. "Ini adalah kasus yang sulit bagi polisi. Mereka bahkan tidak dapat menangkap para Sentinelese," sebut Bhowmik.

Banyak organisasi global, seperti Survival International, berusaha menyuarakan kampanye untuk menyelamatkan sejumlah suku terancam punah di Andaman. Sejumlah suku terisolasi diduga sudah tinggal di Andaman selama lebih dari 60 ribu tahun.

Suku terancam punah di Andaman -- Jarawa dan Sentinelese -- adalah tipe pemburu. Kontak dengan dunia luar disebut sejumlah pengamat dapat membuat suku tersebut terjangkit penyakit.

Sentinelese rentan terkena penyakit karena terisolasi sejak lama. Sentinelese kemungkinan tidak memiliki daya tahan tubuh memadai, bahkan untuk penyakit biasa seperti flu atau campak.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id