Naruhito dan Masako. (Foto: Imperial Household Agency/AFP / HANDOUT)
Naruhito dan Masako. (Foto: Imperial Household Agency/AFP / HANDOUT)

Putri Masako Bersiap Jadi Permaisuri Jepang

Internasional politik jepang kaisar jepang
Willy Haryono • 09 Desember 2018 20:06
Tokyo: Putri Masako bertekad melakukan yang terbaik saat dirinya nanti menjadi Permaisuri Jepang mendampingi sang suami. Ia merasa sedikit khawatir mengenai apakah nantinya mampu menjalankan tugas dengan baik.

Kaisar Akihito akan turun takhta pada 30 April 2019. Turun takhta ini adalah kali pertama dari keluarga kekaisaran Jepang sejak lebih dari dua abad lalu.

Anak tertua Akihito yang juga suami dari Masako, Naruhito, akan menjadi kaisar satu hari setelahnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Meski saya merasa sedikit khawatir apakah nanti dapat menjalankan tugas-tugas ke depan, saya ingin mendedikasikan hidup saya untuk kebahagiaan rakyat. Saya akan berjuang keras," ucap Putri Masako, seperti dilansir dari kantor berita AFP, Minggu 9 Desember 2018. Lulusan Universitas Harvard dan Oxford, Masako melepaskan kesempatan berkarier sebagai diplomat dan menikah dengan Naruhito pada 1993. Dia melahirkan seorang anak, Aiko, pada 2001. 

Namun Masako terus mendapat tekanan untuk melahirkan anak laki-laki. Berdasarkan aturan di Jepang, hanya laki-laki yang dapat melanjutkan posisi tertinggi di kekaisaran.

Tekanan itu mereda pada 2006, saat kakak sepupu Masako melahirkan anak laki-laki bernama Hisahito, yang kini berusia 12 tahun.

Dalam sebuah pernyataan pada hari ulang tahun, Masako mengaku sedang berjuang memulihkan diri dari penyakit terkait stres menjelang upacara naik takhta sang suami.

"Saya senang karena dapat melakukan lebih banyak tugas, seiring upaya saya untuk meningkatkan kondisi tubuh," tutur Masako.

Namun sejumlah dokter mengingatkan bahwa Masako harus terus menjalani perawatan berkala karena dinilai masih rentan terhadap kelelahan, terutama setelah acara-acara seremonial berskala besar.


(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi