Tunangan Jamal Khashoggi Tolak Undangan Trump
Tunangan dari Jamal Khashoggi, Hatice Cengiz (kiri), menunggu di luar Konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 3 Oktober 2018. (Foto: AFP/Ozan Kose)
Istanbul: Tunangan dari jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi menolak undangan Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk berkunjung ke Gedung Putih. Hatice Cengiz mengaku hanya ingin fokus pada kasus pembunuhan Khashoggi.

Khashoggi dinyatakan hilang usai masuk ke Konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober. Sekitar dua pekan kemudian, Arab Saudi mengakui Khashoggi memang tewas di gedung tersebut, namun diklaim akibat perkelahian.

"Saya meminta semua yang terlibat dalam kekejaman ini, mulai dari level teratas hingga terendah, diseret ke hadapan hukum," ucap Cenghiz dalam wawancara dengan saluran televisi Haberturk, seperti dikutip dari Al Jazeera, Jumat 23 Oktober 2018. 


Ini merupakan penampilan pertamanya di televisi usai pembunuhan Khashoggi. Cengiz menunggu Khashoggi di luar konsulat selama lebih dari 10 jam, namun sang tunangan tidak kunjung keluar.

Turki menyebut Khashoggi dibunuh dan mengaku memiliki sejumlah bukti audio dan video. Awalnya, Arab Saudi membantah semua itu.

Trump telah bertekad menjatuhkan "hukuman berat" jika pemerintah Arab Saudi terbukti terlibat dalam pembunuhan Khashoggi. Ia juga pernah menyebut kasus Khashoggi ini ditutup-tutupi dengan buruk dan mungkin menjadi yang terburuk dalam sejarah cover-up.

Ditanya mengenai undangan Trump, Cengiz mengonfirmasi memang diminta untuk datang ke Gedung Putih. Namun ia mengaku tidak mau pergi ke Washington hingga AS dapat benar-benar jujur menunjukkan upaya membantu mengungkap pembunuhan Khashoggi.

Baca: Anak Jamal Khashoggi Tinggalkan Arab Saudi Menuju AS

Cengiz beberapa kali meneteskan air mata dalam wawancara dengan Haberturk. Ia mengaku berada dalam "kegelapan" dan tidak mau mengekspresikan apa-apa.

Ia mengatakan kepada Haberturk bahwa dirinya tidak akan mengizinkan Khashoggi masuk ke konsulat jika mengetahui Arab Saudi bisa bertindak sekejam itu. Cengiz mengatakan tunangannya itu tidak khawatir masuk ke konsulat pada 2 Oktober, karena diperlakukan baik saat kunjungan perdana pada 28 September.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id