NEWSTICKER
Ilustrasi (Foto:Medcom.id/M Rizal)
Ilustrasi (Foto:Medcom.id/M Rizal)

Tiongkok Optimis Upaya Pengendalian Virus Berjalan Lancar

Internasional Virus Korona
Marcheilla Ariesta • 20 Februari 2020 18:06
Beijing: Tiongkok saat ini sedang berupaya mengendalikan penyebaran wabah virus korona Covid-19. Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi menuturkan upaya pengendalian virus ini berjalan dengan lancar.
 
"Tiongkok tidak hanya melindungi rakyat kami sendiri, tetapi juga seluruh dunia," kata Wang Yi sebelum pertemuan dengan para menteri luar negeri ASEAN di Laos, Kamis 20 Februari 2020.
 
Dilansir dari AFP, Wang Yi menambahkan wabah tersebut dapat dikendalikan dan disembuhkan, walaupun ada kepanikan global. Namun dia menambahkan, penyebaran virus ini menurun tajam di sana.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pertemuan ini diadakan darurat dengan mitra Tiongkok di ASEAN. Pasalnya, para turis Tiongkok banyak melancong ke wilayah ini.
 
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi juga hadir dalam pertemuab tersebut. Indonesia mendorong agar ASEAN dan Tiongkok bekerja sama dalam memperkuat mekanisme di kawasan dalam memerangi virus tersebut.
 
Menlu menyampaikan tiga langkah penting untuk meningkatkan kolabirasi antarnegara di kawasan. Pertama, koordinasi erat antara negara di kawasan untuk mencegah, mengontrol, dan meminimalkan dampak wabah Covid-19.
 
Kedua, Indonesia mengusulkan pembentukan ASEAN-Tiongkok Ad-Hoc Health Ministers Joint Task Force. Dan yang ketiga, memperkuat strategi komunikasi menjadi sebuah keharusan.
 

(WAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif