NEWSTICKER
Perdana Menteri sementara Mahathir Mlohamad (Foto:AFP)
Perdana Menteri sementara Mahathir Mlohamad (Foto:AFP)

Mahathir Beberkan Alasannya Mengundurkan Diri Sebagai PM Malaysia

Internasional politik malaysia mahathir mohamad
Marcheilla Ariesta • 26 Februari 2020 21:30
Petaling Jaya: Perdana Menteri sementara Malaysia Mahathir Mohamad mengatakan sangat ingin membentuk kabinet dengan orang-orang yang cakap. Dia menambahkan, orang tersebut tidak harus terikat pada afiliasi partai.
 
Dalam pidato yang disiarkan di televisi, ia mendesak dukungan untuk proposal ini.
 
"Benar atau salah, menurut saya politik dan partai harus dikesampingkan saat ini," tutur Mahathir, dikutip dari The Star, Rabu 26 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jika diizinkan, saya akan mencoba memiliki administrasi yang tidak memihak golongan manapun, tetapi hanya kepentingan nasional yang akan diprioritaskan," serunya.
 
Dalam pidato tersebut, Mahathir menjelaskan alasan di balik pengunduran dirinya yang tiba-tiba pada Senin, 24 Februari lalu. Dia mengatakan tidak dapat memutuskan siapa yang akan dipilih untuk menggantikan dirinya.
 
"Karena itu saya mengundurkan diri, karena saya tidak melihat kekuasaan dan jabatan sebagai tujuan saya. Bagi saya, kekuatan dan posisi adalah sarana untuk mencapai tujuan, yaitu bermanfaat bagi bangsa," ujar pria 94 tahun tersebut.
 
Dia melanjutkan telah melihat sikap beberapa politisi saat dia melepaskan jabatannya tersebut. Menurut Mahathir, dia telah berjanji sebelumnya untuk memberi jalan kepada pemimpin berikutnya.
 
Namun, terang dia, Mahathir akan menyerahkan keputusan itu kepada Dewan Rakyat. Menurut Mahathir, mereka yang lebih berhak memutuskan penggantinya.
 
Mahathir mengundurkan diri sebagai perdana menteri Malaysia pada 24 Februari lalu. Sore harinya, dia ditunjuk menjadi perdana menteri sementara oleh Raja Malaysia.
 
Kini, Mahathir bertanggung jawab atas semua administrasi negara hingga perdana menteri dan kabinet yang baru ditunjuk, dibentuk, dan dilantik.
 

(WAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif