Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. (Foto: AFP)
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. (Foto: AFP)

Kiribati Akui Tiongkok, Taiwan Putuskan Hubungan Diplomatik

Internasional taiwan tiongkok-taiwan
Sonya Michaella • 20 September 2019 17:00
Taipei: Taiwan memutuskan hubungan diplomatik dengan Kiribati karena negara Pasifik tersebut mengakui kedaulatan Tiongkok dan menjalin kerja sama lebih lanjut.
 
Empat hari sebelumnya, Kepulauan Solomon juga memutuskan untuk tidak lagi mengakui Taiwan dan berbalik mendukung Tiongkok.
 
"Taiwan sudah memutuskan hubungan diplomatik dengan Kiribati dan segera menutup kantor perwakilan kami di negara itu," kata Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu, dikutip dari Guardian, Jumat 20 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wu menambahkan, Kiribati mengabaikan hubungan baik dengan Taiwan dan mengakui Tiongkok. Ia juga menuding Presiden Kiribati Taneti Mamau tidak realistis soal Tiongkok.
 
Wu juga berharap Kiribati segera menarik para diplomatnya di Taiwan dan menutup kedutaan besar mereka.
 
"Saya pikir Tiongkok telah menggoda Kiribati dengan iming-iming investasi besar-besaran," tuturnya.
 
Secara de facto, Taiwan merupakan negara berdaulat sejak perang saudara 1948. Tetapi Tiongkok masih menganggapnya provinsi yang harus mereka pertahankan dan tak mengizinkan Taiwan berdiri sendiri.
 
Hanya beberapa negara yang mengakui kedaulatan Taiwan. Sebagian besar negara-negara tersebut terletak di kawasan Amerika Latin dan Pasifik.
 
Beijing juga semakin mempersempit ruang gerak Taipei setelah Presiden Tsai Ing-wen memerintah sejak 2016 dan menolak mengakui kebijakan 'One China Policy'.
 

(WAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif