Pertemuan antara Menlu Retno Marsudi dengan Menlu dan Perdagangan Hongaria Peter Szijjarto. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta
Pertemuan antara Menlu Retno Marsudi dengan Menlu dan Perdagangan Hongaria Peter Szijjarto. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta

Indonesia-Hongaria Ingin Kembangkan Sistem Jalan Tol

Marcheilla Ariesta • 23 Januari 2020 19:40
Jakarta: Indonesia dan Hongaria  sepakat memperluas kerja sama di sektor infrastruktur. Kesepakatan ini dibahas dalam pertemuan bilateral antara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dengan Menlu dan Perdagangan Hongaria Peter Szijjarto.
 
"Hongaria telah menanamkan beberapa investasi terkait pengelolaan air bersih dan rumah sakit. Jadi sudah selesai proyeknya itu dan mereka bermaksud ingin melanjutkan kerja sama dan juga perluasan peluang di sektor infrastruktur. Jadi ada mekanisme pengalokasian pendanaan untuk proyek infrastruktur," kata Pelaksana Tugas Juru Bicara Kemenlu RI Teuku Faizasyah di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis 23 Januari 2020.
 
Faizasyah menuturkan Hongaria ingin menerapkan kerja sama seperti yang pernah mereka lakukan dengan bekas negara Uni Soviet. Mereka berharap kerja sama tersebut dapat dilakukan di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mereka juga melakukan semacam visibilities studies, semacam pengembangan sistem jalan tol. Harapannya nanti bisa ikut dalam proses tender, berangkat dari visibilities yang dilakukan," ungkapnya.
 
"Mereka siap untuk menanamkan investasinya. Kalau pun diperlukan dana talangan, sifatnya dengan tingkat bunga yang sangat kecil," ujar Faiza.
 
Selain kerja sama infrastruktur, Menlu Retno juga meminta dukungan Hongaria dalam memberikan pandangan yang seimbang terkait minyak sawit Indonesia kepada mitra Uni Eropa. Indonesia berharap Hongaria dapat memberi pandangan komprehensif dan seimbang kepada negara-negara Uni Eropa.
 
Kunjungan Menlu Hongaria ke Indonesia adalah untuk mendampingi Perdana Menteri Viktor Orban. Kunjungan Orban dimaksud untuk menghadiri Pertemuan Komite Eksekutif Centrist Democrat International di Yogyakarta, dan melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Joko Widodo.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif