Presiden Joko Widodo diperkirakan akan membahas kembali konsep Indo-Pasifik di ASEAN. Foto: AFP
Presiden Joko Widodo diperkirakan akan membahas kembali konsep Indo-Pasifik di ASEAN. Foto: AFP

Jokowi Akan Angkat Kembali Isu Indo-Pasifik di KTT ASEAN

Internasional ktt asean indo-pasifik
Marcheilla Ariesta • 30 Oktober 2019 13:12
Jakarta: Presiden Joko Widodo dipastikan hadir dalam pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Bangkok, Thailand. Dalam pertemuan tersebut, presiden diprediksi akan mengangkat kembali isu Indo-Pasifik.
 
"Perkiraan kami isunya ASEAN Outlook on Indo-Pacific. Karena kita tahu tahun lalu presiden sudah sampaikan kepada negara-negara mitra bahwa ASEAN sedang merancang satu outlook tentang Indo-Pasifik," kata Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri Jose Tavares di Jakarta, Rabu,30 Oktober 2019.
 
Jose menambahkan, presiden rancananya akan mengajak para negara-negara mitra ASEAN untuk bekerja sama. Selain itu, kata Jose, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga akan menyampaikan suatu ide mengenai Indo-Pasifik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Menlu Retno sampaikan suatu ide untuk menyelenggarakan ASEAN Indo-Pacific Infrastructure and Connectivity Forum yang akan dilaksanakan pada 2020 mendatang," imbuh Jose.
 
Selain mengenai Indo-Pasifik, rencananya Presiden Jokowi juga akan menyampaikan fokus terkait Laut China Selatan, Rakhine State, penanggulangan bencana, dan juga limbah beracun, serta pencegahan terorisme.
 
KTT ASEAN akan dilakukan di Bangkok, Thailand. Rangkaian acara dimulai hari ini, Rabu 30 Oktober hingga 4 November 2019.
 
Presiden Jokowi akan mulai pertemuan pleno KTT pada 2 November. Sementara pada 3 November, Jokowi dijadwalkan menghadiri upacara pembukaan, KTT ASEAN-Tiongkok, KTT ASEAN-India, KTT ASEAN-PBB, dan gala dinner.
 
Sementara pada 4 November, Presiden dijadwalkan menghadiri ASEAN Plus 3 Summit, makan siang khusus untuk pembangunan berkelanjutan, KTT Asia Timur, KTT ASEAN-Jepang, KTT RCEP, dan penutupan.
 
Presiden juga dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa negara, sepertiSelandia Baru, Australia, India, Jepang, dan Sekretaris Jenderal PBB.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif