Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi. Foto: AFP
Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi. Foto: AFP

Tiongkok Bela Iran, Sebut AS Salahgunakan Kekuatan Militer

Internasional Qassem Soleimani Garda Revolusi Iran
Marcheilla Ariesta • 06 Januari 2020 15:56
Beijing: Tiongkok mengatakan Amerika Serikat menyalahgunakan kekuatan militer. Seharusnya, AS dapat menyelesaikan konflik dengan Iran lewat dialog.
 
"Operasi militer AS yang berbahaya melanggar norma hubungan internasional dan akan memperburuk ketegangan di kawasan," kata Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi kepada Menlu Iran Javad Zarif dikutip dari AFP, Senin 6 Januari 2020.
 
Wang Yi menuturkan negaranya menentang penggunaan kekuatan dalam hubungan internasional, terlebih militer. Menurut dia, tidak ada solusi dan jalan keluar yang baik jika suatu negara memilih jalan militer.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Javad Zarif tengah mengunjungi Tiongkok dalam rangka bilateral.
 
Pada Jumat lalu, AS menyerang Bandara Internasional Baghdad di Irak dan menewaskan seorang jenderal berkuasa Iran Qassem Soleimani. Kematian Soleimani membawa protes besar di Iran dan Irak.
 
Para pemimpin Iran bahkan bersumpah akan membalas kematian Soleimani dengan cepat dan keras. Mendapat ancaman ini, Presiden AS Donald Trump, yang memerintahkan pembunuhan Soleimani, membalas ancaman Iran.
 
Trump mengancam kembali akan menyerang 52 situs Iran, termasuk situs budaya mereka jika Teheran beraksi membalas AS. Pernyataannya dikecam banyak pihak termasuk DPR AS.
 
DPR AS merasa Trump tidak memberitahu mereka saat melakukan penyerangan.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif