Petugas medis membawa jasad korban serangan bom bunuh diri di Universitas Bacha Khan, Pakistan, 20 Januari 2016. (Foto: AFP/A Majeed)
Petugas medis membawa jasad korban serangan bom bunuh diri di Universitas Bacha Khan, Pakistan, 20 Januari 2016. (Foto: AFP/A Majeed)

Taliban Bantah Terlibat dalam Serangan di Universitas Pakistan

Internasional penyerangan pakistan
Willy Haryono • 20 Januari 2016 20:24
medcom.id, Charsadda: Grup militan Tehreek-e-Taliban Pakistan (TPP) atau Taliban Pakistan membantah terlibat dalam serangan brutal di Universitas Bacha Khan di kota Charsadda, Pakistan, Rabu (20/1/2016).
 
Menurut laporan BBC, juru bicara TPP Mohammad Khurasani menilai serangan di Universitas Bacha Khan "tidak islami," dan membantah semua pemberitaan media lokal bahwa pihaknya berada di balik semua itu.
 
Enam pria bersenjata memasuki Universitas Bacha Khan pada pagi hari. Menurut Menteri Informasi Shaukat Yousafzai, empat militan tewas ditembak petugas keamanan. Kondisi di kampus berhasil diamankan, dan para mahasiswa telah dievakuasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedikitnya 25 orang, termasuk empat aparat dan satu polisi, tewas dalam serangan yang juga melukai 50 lainnya. Beberapa dari korban luka berada dalam kondisi kritis.
 
Sekitar 3000 mahasiswa dan 600 tamu dalam sebuah kompetisi puisi berada di Universitas Bacha Khan saat serangan terjadi.
 
Bantahan ini mengindikasikan adanya konflik internal dalam tubuh TPP. Ini terlihat dari pernyataan Komandan TPP Umar Mansoor yang mengklaim serangan bunuh diri di Universitas Bacha Khan, tak lama setelah peristiwa terjadi.
 
Mansoor menyebut serangan itu merupakan respons terhadap operasi militer Pakistan terhadap grup-grup militan seperti TPP.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif