Australia Puji Kepemimpinan Indonesia Soal Isu Kelautan

Sonya Michaella 18 November 2018 00:00 WIB
kelautanindonesia-australia
Australia Puji Kepemimpinan Indonesia Soal Isu Kelautan
PM Australia Scott Morrison. (Foto: AFP/SAEED KHAN)
Port Moresby: Perdana Menteri Australia Scott Morrison memuji kepemimpinan Indonesia dalam isu kelautan. Pujian ini dilontarkan Morrison saat pertemuan para pemimpin negara anggota APEC dengan negara Pasifik.

"PM Australia menyampaikan gerak dan memuji kepemimpinan Indonesia dalam isu kelautan saat bertemu dengan negara-negara Pasifik," kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam video yang diterima Medcom.id, Sabtu 17 November 2018.

"Selama ini, Pasifik Selatan juga menjadi salah satu prioritas politik luar negeri kita. Kita terus lakukan kerja sama intens di bidang capacity building yang terkait dengan isu kelautan," lanjut dia.


Saat ini, Indonesia juga sedang mengembangkan capacity building dengan Fiji di bidang pemberdayaan perempuan dan UMKM, serta penanganan dampak dari perubahan iklim. 

Dalam pertemuan yang diselenggarakan di Papua Nugini ini, Perdana Menteri Samoa Tuilaepa Aiono Sailele Malielegaoi meminta anggota APEC membantu konektivitas negara-negara Pasifik. 

Dengan membuka konektivitas, akses ke bidang-bidang penting lainnya bisa dirambah oleh negara-negara Pasifik, terutama untuk penanganan dampak perubahan iklim.



(AZF)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id