Pertemuan 2+2 (two plus two) antara Indonesia dan Australia di Bali. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta
Pertemuan 2+2 (two plus two) antara Indonesia dan Australia di Bali. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta

Australia Selalu Menjadi Mitra Strategis Indonesia

Internasional bali democracy forum indonesia-australia
Marcheilla Ariesta • 06 Desember 2019 16:41
Nusa Dua: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengapresiasi dukungan Australia terhadap ASEAN Outlook on Indo-Pacific yang diinisiasi Indonesia. Apresiasi disampaikan dalam pertemuan 2+2 (two plus two) Menteri Luar Negeri dan Pertahanan Indonesia-Australia.
 
"Indonesia juga mengapresiasi dukungan Australia terhadap sentralitas ASEAN," kata Menlu Retno di Nusa Dua, Bali, Jumat 6 Desember 2019.
 
Retno menambahkan agar pandangan ASEAN mengenai Indo-Pasifik ini dapat diimplementasikan melalui kerja sama konkret. Dengan demikian, imbuh Retno, kepercayaan strategis akan terjaga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Atas dukungan Australia itu, Indonesia mengundang Negeri Kanguru untuk berpartisipasi dalan Indo-Pacific Infrastructure and Connectivity Forum yang akan diselenggarakan di Indonesia pada pertengahan 2020.
 
Menurut Retno, implementasi pandangan ASEAN ini juga didasarkan pada prinsip dialog, kerja sama, inklusif, dan menghormati hukum-hukum internasional.
 
Sementara itu, Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne mengatakan Indonesia akan selalu menjadi mitra strategis yang vital bagi mereka.
 
"Kami hidup berdampingan di situasi paling dinamis, Indo-Pasifik, dan hubungan kami sangat potensial, tak hanya bagi kedua negara, tapi bagi seluruh kawasan," tuturnya.
 
Payne menambahkan, sebagai dua negara yang demokrasi terbesar di kawasan Indo-Pasifik, Indonesia dan Australia bersama memainkan peran kritis untuk mempromosikan stabilitas dan kemakmuran di Indo-Pasifik.
 
Kerja sama di kawasan ini, tambah Retno, akan memberikan dampak yang lebih besar untuk membantu menyelesaikan tantangan yang dihadapi negara sahabat di selatan Pasifik. "Tantangan antara lain perubahan iklim, pemberdayaan ekonomi dan perempuan," pungkas Retno.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif