'Duet Maut' Menteri Milenial di OOC 2018
Menlu Retno Marsudi (kanan) dan Menteri KKP Susi Pudjiastuti saat menyampaikan welcoming remarks di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Bali, 29 Oktober 2018. (Foto: ANTARA FOTO/media OOC 2018/Rivan Awal Lingga/nym)
Nusa Dua: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjadi sorotan para delegasi dalam acara Our Ocean Conference (OOC) 2018. Keduanya tampil energik dengan mengenakan pakaian berwarna cerah saat memberikan welcoming remarks.

"Selamat datang di Indonesia. Kami senang bisa berada di sini sebagai dua perempuan milenial muda," ucap Menlu Retno di Bali Nusa Dua Convention Center, Senin 29 Oktober 2018.

"Kami berharap OOC ini bukan hanya untuk berjuang demi laut kita, tapi juga bisa untuk mendorong pemberdayaan wanita," lanjut dia.


Menlu Retno menyebut bahwa sesuai arahan Presiden Joko Widodo, Indonesia berkomitmen untuk terus menjaga laut. Dalam beberapa tahun terakhir, diplomasi kelautan Indonesia dijalankan dengan tegas menjadi bagian tak terpisahkan dari kebijakan luar negeri RI.

Baca: Duet Maut Menteri Kabinet Kerja Perkuat Maritim Indonesia

OOC ini dinilai sebagai contoh konkret komitmen RI dalam menghadapi berbagai tantangan di dunia kelautan. Konferensi ini digelar agar semua pemain kunci global dapat berkontribusi terhadap masalah kelautan dengan berorientasi pada langkah-langkah konkret.

"Diharapkan OOC dapat terus berinovasi dan menghasilkan mekanisme peninjauan, agar dapat mengevaluasi perkembangannya (dari tahun ke tahun)," sebut Menlu Retno.

Sementara Menteri Susi, yang menyorot perhatian dengan pakaian bermotif ikan, mengatakan sudah mengumumkan mengenai OOC 2018 ini di Washington DC pada 2016. Ia mengaku senang konferensi ini akhirnya dapat berlangsung.

Ia menegaskan Indonesia telah berkomitmen kuat untuk melindungi laut serta menjadi negara poros maritim dunia. Menteri Susi ingin kelestarian laut tetap terjaga untuk generasi-generasi mendatang.

"Saya ingin OOC mengirimkan pesan mengenai komitmen nyata, transparansi, dan lainnya," kata Menteri Susi. "Semoga OOC ini dapat menjadi wadah diskusi untuk laut yang lebih produktif dan lebih baik," tambah dia.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id