Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (Foto:Medcom.id/Fajar)
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (Foto:Medcom.id/Fajar)

Menlu: Peran Indonesia di DK PBB Telah Dimulai

Internasional indonesia-pbb
Sonya Michaella • 09 Januari 2019 19:13
Jakarta: Sembilan hari sudah Indonesia menduduki posisi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) 2019-2020. Perhatian politik luar negeri Indonesia juga akan tercurah dalam posisi ini.
 
“Isu terkait pemeliharaan perdamaian; pemberantasan terorisme; sinergi antara organisasi kawasan dan PBB, serta Palestina antara lain akan menjadi prioritas Indonesia,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, dalam Pernyataan Pers Tahunan di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Rabu 9 Januari 2019.
 
“Waktunya telah tiba bagi Indonesia bersama anggota DK PBB lainnya, dengan dukungan seluruh anggota PBB, untuk bekerja keras berkontribusi bagi perdamaian dunia,” lanjut dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menlu Retno menambahkan, tahun ini akan menjadi tahun sibuk bagi diplomasi Indonesia. Tim DK PBB di PTRI New York, ujar dia, telah diperkuat sejak Oktober 2018.
 
“Untuk dapat duduk di Dewan Keamanan PBB bukan hal yang mudah. Menunaikan tugas dengan baik di DK PBB memiliki tantangan yang jauh lebih besar,” ucapnya.
 
Menurut dia, kemapanan tataman dunia saat ini sedang menghadapi tantangan baru. Nilai-nilai multilateralisme yang telah dipupuk sejak berakhirnya Perang Dunia II saat ini mengalami tantangan yang berat.
 
“Indonesia akan berusaha sekuat tenaga menunaikan tanggung jawab ini sebaik mungkin,” tegasnya lagi.
 

(WAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif