Uni Eropa resmikan perwakilan untuk ASEAN (Foto: Sonya Michaella/MTVN)
Uni Eropa resmikan perwakilan untuk ASEAN (Foto: Sonya Michaella/MTVN)

Terorisme, HAM dan Perdagangan Fokus Hubungan UE dan ASEAN

Sonya Michaella • 26 Januari 2016 12:10
medcom.id, Jakarta: Duta besar Uni Eropa untuk ASEAN Francisco Fontan Pardo menekankan pentingnya hubungan yang kuat antara UE dan negara-negara ASEAN.
 
"Setiap negara ASEAN punya hubungan yang bagus dan kuat dengan setiap negara UE. Ini menjadi ambisi untuk kita lakukan pembicaraan tentang isu global," ungkap Dubes Pardo, di kantor perwakilan UE di Jakarta, Selasa (26/1/2016).
 
"Salah satu tujuan kami juga membicarakan hubungan dagang. FTA (Free Trafe Agreement) di sini sebagai batu loncatan juga sudah dibicarakan," lanjutnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Francisco menegaskan UE ingin mempunyai hubungan dagang yang erat dengan sistem region-region (kawasan ke kawasan).
 
Sementara itu ketika disinggung soal terorisme yang kian marak, Francisco mengatakan UE menolak keras aksi terorisme di seluruh dunia.
 
"Isu ini harus diperkuat langsung dengan aspek keamanan dan juga aspek sosial. Untuk memberikan pemahaman ideologi kepada rakyat di negara-negara yang sedang marak terorisme," imbuhnya.
 
Terkait soal hak asasi manusia (HAM), Francisco mengatakan UE sangat kritikal terkait isu ini.
 
"Soal hak asasi manusia di seluruh negara, kami sangat memperhatikan. Kami berperan ke seluruh negara di dunia dalam mengupayakan hak asasi manusia," tutupnya.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif