Warga Jepang dihadapkan pada ancaman Badai Krosa. Foto: AFP.
Warga Jepang dihadapkan pada ancaman Badai Krosa. Foto: AFP.

Badai Krosa Berikan Ancaman Besar kepada Jepang

Internasional jepang badai
Fajar Nugraha • 15 Agustus 2019 09:30
Tokyo: Badai tropis yang kuat menyerang Jepang, Kamis, membawa angin kencang dan hujan lebat. Bencana ini memicu peringatan tanah longsor dan banjir dan memicu imbauan evakuasi dan kekacauan perjalanan pada masa puncak liburan.
 
Badai Tropis Krosa,-satu tingkat di bawah topan,- bergejolak perlahan di lepas pantai barat daya Jepang, mengemas hembusan angin hingga 160 kilometer per jam.
 
Pihak berwenang mengeluarkan peringatan evakuasi sukarela kepada sekitar 550.000 orang di jalur badai. Badan Manajemen Kebakaran dan Bencana Jepang mengatakan, empat orang menderita luka ringan dengan satu orang terluka lebih serius.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Badan tersebut juga mengatakan bahwa sebuah pesta yang terdiri dari 18 orang termasuk anak-anak terdampar saat barbeque di sebuah lembah ketika sungai naik dengan cepat. Sejak itu mereka telah dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi dan harus diselamatkan Kamis malam.
 
Krosa juga memicu kekacauan perjalanan ketika orang-orang kembali ke kota-kota besar setelah liburan Obon.
 
“Lebih dari 600 penerbangan domestik dibatalkan ke dan dari kota-kota di Jepang barat dan layanan kereta peluru dihapus atau dikurangi secara tajam,” ujar pihak badan cuaca Jepang, seperti dikutip AFP, Kamis, 15 Agustus 2019.
 
Feri yang menghubungkan Pulau Shikoku selatan dan bagian lain Jepang juga dibatalkan saat ombak tinggi menghantam pantai.
 
Krosa melemah secara signifikan dari awal pekan ini karena terhenti di Samudra Pasifik tetapi memiliki mata yang luar biasa besar. Ini mengartikan kemungkinan besar akan menurunkan hujan di area yang luas.
 
Badai juga bergerak sangat lambat -,sekitar 20 kilometer per jam,- sehingga hujan diperkirakan akan bertahan untuk waktu yang lama.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif