Foto Presiden Filipina, Rodrigo Duterte terpampang besar di majalah Tiongkok (Foto: Asian Correspondent)
Foto Presiden Filipina, Rodrigo Duterte terpampang besar di majalah Tiongkok (Foto: Asian Correspondent)

Duterte Jadi 'Person of the Year' di Majalah Tiongkok

Internasional filipina-tiongkok
Sonya Michaella • 03 Januari 2017 15:39
medcom.id, Beijing: Pujian Tiongkok kembali mencuat untuk Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. Kali ini, Duterte dinobatkan menjadi 'Person of the Year' selama 2016 di sebuah majalah populer Tiongkok.
 
Yazhou Zhoukan, majalah yang menyoroti urusan internasional berbahasa Tiongkok dan Inggris ini juga menyajikan bagaimana sepak terjang Duterte selama memerintah Filipina dalam enam bulan terakhir.
 
Dilansir Asian Correspondent, Selasa (3/1/2017), majalah ternama di Tiongkok ini terlihat sangat memuji Duterte pada tujuh halaman pertamanya. Halaman sampul terpampang foto Duterte, sementara di halaman kedua, terdapat foto Duterte bersama presiden Tiongkok, Xi Jinping.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sang fotografer, Joaquin Sy, mengungkapkan, ada aura tersendiri yang tertangkap dari wajah Duterte. "Sekali lagi, Duterte berhasil menambah keseimbangan kekuatan Asia," ucapnya.
 
Pujian juga meluncur dari para penggemar majalah tersebut. Salah seorang pembaca mengunggah komentar atas dijadikannya Duterte sebagai salah seorang yang berpengaruh di tahun 2016.
 
Duterte Jadi Person of the Year di Majalah Tiongkok
 
"Pembinaan hubungan baik yang dilakukan Duterte dengan Tiongkok, menjadi 'warisan besar' yang belum pernah ada sebelumnya," ucap Krizette Laureta Chu.
 
Di bawah foto Duterte bersama Xi, tertulis pula Filipina menjadi negara Asia yang sangat solid dengan Tiongkok dan sedang bergerak ke arah yang bagus.
 
Sementara, ketika dikonfirmasi mengenai ini, juru bicara presiden Filipina, Ernesto Abella mengucapkan terima kasih pada majalah tersebut dan juga Tiongkok.
 
"Publikasi ini atas dasar kebijakan luar negeri Duterte yang bebas, menjauhkan diri dari Amerika dan menempa hubungan yang lebih dekat dengan Tiongkok," ucap Anabella.
 
"Di samping itu, kebijakan anti korupsi dan narkobanya juga menjadikan Duterte tak hanya populer di Filipina, tapi juga di Tiongkok," ungkapnya lagi.
 
Sejak memerintah Filipina pada Juni lalu, Duterte seakan mengambil perhatian dunia internasional. Dari perang anti narkobanya, pernah mengejek Barack Obama, mengaku akan mendekat ke Tiongkok, sampai tak peduli dengan PBB atau organisasi internasional lainnya.

 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif