Proyek pembangunan permukiman baru Israel di Naale dekat Ramallah, Tepi Barat, 8 Februari 2017. (Foto: AFP/GIL COHEN-MAGEN)
Proyek pembangunan permukiman baru Israel di Naale dekat Ramallah, Tepi Barat, 8 Februari 2017. (Foto: AFP/GIL COHEN-MAGEN)

Jepang Kecam Rencana Permukiman Baru Israel di Palestina

Internasional politik jepang palestina israel
Willy Haryono • 09 November 2019 17:03
Teheran: Jepang mengecam keras rencana kelanjutan pembangunan permukiman Israel di tanah Palestina. Tokyo menilai kelanjutan tersebut sebagai pelanggaran terhadap hukum internasional.
 
Rezim Israel telah menyetujui rencana membangun sekitar 2.000 unit tempat tinggal terbaru di Tepi Barat pada Oktober lalu. Rencana tersebut memicu kecaman keras dari banyak negara dunia, termasuk Turki dan Jepang.
 
Dalam sebuah pernyataan resmi pada Jumat 8 November, dikutip dari Mehr News Agency, Sabtu 9 November 2019, Kementerian Luar Negeri Jepang "mengecam keras kelanjutan dari aktivitas pembangunan permukiman" oleh Israel di tanah Palestina.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tokyo menilai Israel seolah tidak memedulikan suara komunitas internasional, yang terus menyerukan agar Tel Aviv segera menghentikan pembangunan permukiman di tanah Palestina.
 
Menurut Jepang, kelanjutan pembangunan adalah pelanggaran nyata terhadap hukum internasional.
 
Pembangunan unit perumahan Israel di tanah Palestina dinilai Jepang hanya akan menghambat penerapan ide Solusi Dua Negara atau Two-State Solution.
 
Two-State Solution adalah ide yang didukung banyak negara untuk menyelesaikan konflik berkepanjangan antara Israel dan Palestina. Inti dari ide ini adalah membagi dua wilayah Yerusalem untuk Israel dan Palestina.
 
Namun hingga kini, baik Israel maupun Palestina belum juga menemukan titik temu. Komunitas global menilai Solusi Dua Negara adalah jalan keluar terbaik dalam menyelesaikan konflik tersebut.
 
Tahun lalu, Perserikatan Bangsa-Bangsa meminta Israel dan Palestina untuk mendukung kembali Solusi Dua Negara.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif