Diundang Raja Salman, Indonesia Tampil di Festival Bergengsi Arab Saudi

Sonya Michaella 15 Februari 2018 18:51 WIB
indonesia-arab saudi
Diundang Raja Salman, Indonesia Tampil di Festival Bergengsi Arab Saudi
Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel (Foto: Sonya Michaella).
Jakarta: Indonesia menjadi satu-satunya negara dari Asia yang hadir dalam festival budaya Janadriyah di Arab Saudi. Kehadiran Indonesia ini adalah permintaan langsung dari Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz.
 
Festival Janadriyah adalah festival nasional sejarah dan budaya terbesar di Kerajaan Arab Saudi yang diadakan di daerah Janadriyah, 42 kilometer dari Riyadh. Festival ini juga salah satu festival bergengsi di Serambi Mekkah.
 
"Bangga sekali kita karena sejak adanya festival budaya ini 32 tahun yang lalu, inilah pertama kalinya Indonesia hadir. Spesial karena diminta oleh Raja Salman langsung," kata Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, ketika ditemui di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Kamis 15 Februari 2018.
 
"Keikursertaan Indonesia di festival ini adalah menunjukkan semakin hangat dan dekatnya hubungan bilateral SAUNESIA (Saudi Indonesia) dan bukti nyata Saudi begitu memperhatikan Indonesia," lanjut dia.
 
Delegasi Indonesia pun sudah tampil pada hari ini, dan akan tampil kembali keesokan harinya. Alunan gamelan, angklung dan alat musik tradisional lainnya akan dikumandangkan dalam festival ini. Tak lupa Tari Saman akan ditampilkan pula di festival ini.
 
"Kita juga membuka stand makanan Indonesia yang ternyata cukup digemari oleh warga sana," ungkap Dubes Agus.
 
Ditambahkan, perhelatan ini adalah bukti nyata dari dialog nyata antar peradaban dan kebudayaan, dan bukan pembenturan antar budaya dan peradaban.
 
Selain Indonesia, tampil pula dari negara lain yaitu Ukraina, Spanyol, Ethiopia, dan Algeria.




(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id