Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI Desra Percaya (berbatik). (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id).
Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI Desra Percaya (berbatik). (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id).

Indonesia Lebarkan Sayap Kerja Sama dengan Pasifik Selatan

Internasional diplomasi luar negeri indonesia-pasifik
Sonya Michaella • 18 Maret 2019 15:57
Jakarta: Untuk melebarkan sayap kerja sama dengan negara-negara Pasifik Selatan, Indonesia mengadakan sebuah forum bertajuk Indonesia South Pacific Forum. Tiga menteri luar negeri negara Pasifik dijadwalkan hadir yaitu dari Papua Nugini, Kiribati, dan Tuvalu.
 
“Forum ini wujud arah kebijakan luar negeri Indonesia untuk lebih meningkatkan peran dan kehadirannya di kawasan Pasifik Selatan,” kata Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI Desra Percaya di Jakarta, Senin 18 Maret 2019.
 
Negara-negara yang tergabung dalam forum ini antara lain Australia, Selandia Baru, Federasi Mikronesia, Fiji, Kaledonia Baru, Kepulauan Marshal, Kiribati, Nauru, Palau, Papua Nuginin dan Tonga serta Tuvalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Forum yang bertemakan ‘Our Future Share Ocean Share Prosperity’ ini dipastikan akan dibuka oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi pada 21 Maret 2019 di Hotel Fairmont, Jakarta.
 
“Forum ini kita adakan memang dalam rangka peningkatan hubungan kerja sama dengan teritori Pasifik Selatan. Utamanya unthk platform dialog, menggali potensi kerja sama, meningkatkan rasa saling pengertian yang di mana Indonesia dan Pasifik Selatan ini memiliki karakteristik sama dan tantangan yang sama,” lanjut Desra.
 
Sejumlah isu akan dibawa di meja forum Indonesia-Pasifik Selatan ini antara lain perubahan iklim, isu maritim serta perkembangan pesisir dan masih banyak lagi.
 
Tak hanya itu, akan diadakan juga sejumlah business engagement di sela-sela forum tersebut. Forum ini akan mempertemukan para pengusaha Pasifik Selatan dan Indonesia untuk membahas berbagai peluang dan tantangan dalam membangun hubungan bisnis yang baik.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif