Pesawat angkut militer Airbus A400 yang ditawarkan ke Indonesia. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta
Pesawat angkut militer Airbus A400 yang ditawarkan ke Indonesia. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta

Indonesia Tertarik Beli Pesawat Angkut Airbus A400M

Internasional alutsista tni indonesia-inggris Airbus
Marcheilla Ariesta • 12 November 2019 13:49
Jakarta: Pesawat angkut Angkatan Udara Inggris sudah mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Pesawat Airbus A400M ini disebut-sebut dapat memenuhi kebutuhan Indonesia.
 
Wakil Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal Madya TNI Fahru Zaini mengatakan, bahwa memamg sudah ada diskusi untuk membeli pesawat angkut berat.
 
"Namun pesawat jenis apa yang akan dibeli, tergantung dari dewan pemilih dan penentu pengadaan," kata Fahru kepada awak media di Jakarta, Selasa, 12 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fahru menambahkan, dewan pemilih dan penentu pengadaan akan melihat pesawat-pesawat yang ditawarkan ke Indonesia dari sisi operasional dan spesifikasi teknis.
 
Untuk pesawat Airbus A400M ini dikabarkan akan dibeli oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ini sudah dibenarkan oleh Fahru.
 
Menurut dia, sudah ada diskusi serius antara BUMN dan pihak Airbus. Namun, dia enggan membeberkan harga pesawat tersebut.
 
"Angkatan Udara nantinya akan mendukung untuk pengoperasiannya," imbuh dia.
 
Pesawat A400M buatan Airbus ini disebut-sebut dapat menembus medan-medan berat dan sempit. Komandan Sayap Royal Air Force Inggris, Ed Horne menuturkan, jenis pesawat ini cocok sekali untuk Indonesia.
 
"Pada 2018 lalu, pesawat A400M Inggris membantu membawa bantuan untuk korban bencana alam gempa bumi dan tsunami Palu," katanya.
 
Senada dengan Horne, Kepala Pertahanan dan Antariksa Airbus Asia Pasifik, John Pelissier mengungkapkan, Airbus A400M bisa memenuhi kebutuhan Indonesia dari segi strategis maupun taktis.
 
Pesawat milik AU Inggris ini hanya berada di Jakarta untuk hari ini saja. Nantinya, mereka akan melanjutkan perjalanan ke Malaysia dan Sri Lanka.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif